Search
Close this search box.
13 Juli 2024

Tandatangani MoU, UNITRI Jalin Kerjasama dengan British Council English Score

UNITRI jalin kerjasama dengan British Council English Score. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menjalin kerjasama dengan British Council English Score. Yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (6/12/2023).

Bertempat di ruang sidang UNITRI penandatanganan dilakukan Rektor UNITRI Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc dengan Account Manager British Council English Score, Christian Yapari.

Rektor UNITRI Prof. Eko menilai bahwa kerjasama dengan British Council English Score merupakan kesempatan yang langka. Hal ini menunjukkan animo mahasiswa utuk belajar Bahasa Inggris cukup tinggi.

Terlebih Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang kerap dipakai di berbagai negara.

“Bagi mahasiswa, kerjasama ini akan memberikan manfaat yang sangat besar. Karena untuk kompetensi salah satunya adalah mampu berbahasa Inggris,” tuturnya.

Lebih lanjut, Account Manager British Council English Score, Christian Yapari menyampaikan, UNITRI merupakan perguruan tinggi ke 90 di Indonesia yang bekerjasama dengan British Council English Score. Sedangkan di Malang, UNITRI merupakan kampus ke dua setelah Institut Asia Malang yang bekerjasama dengan British Council English Score.

“Kami juga sudah bekerjasama secara global dengan lebih dari 200 institut dari seluruh dunia di lebih dari 150 negara,” ungkapnya.

Penandatanganan MoU antara UNITRI dengan British Council English Score. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Christian menjelaskan, kerjasama dengan UNITRI adalah untuk menyelenggarakan tes bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk progres tes mahasiswa maupun untuk syarat kelulusan.

“Jadi untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Dan kami pun sudah menggunakan teknologi AI sehingga bisa dilakukan dimana saja. Tanpa harus mengumpulkan mahasiswa dalam suatu ruangan,” jelasnya.

Menurutnya, kerjasama ini dilakukan karena UNITRI memiliki kemauan untuk meningkatkan akreditasi dan juga internasionalisasi mahasiswa. Sehingga pihaknya menawarkan untuk kerjasama.

“Dan kami sangat senang dari UNITRI sudah bersedia untuk bekerjasama kami,” ucapnya.

Dikatakan Christian goal utama dari British Council English Score adalah untuk memberikan sertifikasi bahasa Inggris berstandar Internasional dengan harga yang sangat terjangkau. Dbandingkan dengan lembaga lainnya.

“Kalau yang lain harganya bisa mencapai jutaan, kalau di kami kisaran 300-400 ribu. Dan itu sudah mendapatkan sertifikat yang berlaku seumur hidup dan dapat digunakan di berbagai negara,” sebutnya.

Sementara itu, tim lab bahasa UNITRI yang menangani kerjasama ini, Suli Indra Dewi menjelaskan, untuk tesnya bisa dilakukan secara online sehingga bisa menghemat waktu dan menghemat tempat. Mahasiswa bisa mengikuti tes dari mana saja menggunakan HP. Tetapi kontrolnya tetap dari operator lab bahasa UNITRI.

“Karena teknologinya sudah menggunakan AI, jadi kami lebih yakin bahwa tesnya tidak ada kecurangan,” terangnya.

Menurutnya, sebelum mengikuti tes ini, mahasiswa akan diikutkan kursus. Karena pihak kampus menginginkan mahasiswanya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kami sudah menetapkan score atau level yang harus ditempuh. Dengan passing grade minimal A2,” tuturnya.

Selain itu lanjut Suli, benefit lainnya dari kerjasama ini adalah logo UNITRI akan muncul di sertifikat yang dikeluarkan British Council English Score.

“Hal ini tentu menguntungkan untuk branding kampus UNITRI,” pungkasnya.