Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Tambah Jumlah Profesor, UMM Kukuhkan Prof Oman Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi

Rektor UMM mengukuhkan Prof Dr Oman Sukmana Drs MSi sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi. (Foto: Agus N /reportasemalang)
Rektor UMM mengukuhkan Prof Dr Oman Sukmana Drs MSi sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi. (Foto: Agus N /reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengukuhkan guru besar. Kali ini, Prof Dr Oman Sukmana Drs MSi, dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi. Bertempat di Aula BAU Kampus III UMM, Sabtu (11/6/2023).

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Oman mengambil tema “Gerakan Sosial Sebagai Model Intervensi Makro Pekerjaan Sosial”. Dijelaskan Prof Oman, tujuan utama dari praktik intervensi makro pekerjaan sosial, khususnya model aksi sosial adalah adanya perubahan sosial pada masyarakat.

Prof Dr Oman Sukmana Drs MSi menyampaikan orasi ilmiah. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Prof Dr Oman Sukmana Drs MSi menyampaikan orasi ilmiah. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Menurutnya, upaya untuk melakukan perubahan sosial harus dilakukan secara terencana, terprogram dan sistematis. Strategi Gerakan Sosial (Gerakan Kesejahteraan Sosial) lebih melembaga dan terorganisir dibandingkan dengan aksi sosial atau aksi kolektif.

“Dalam konteks ini, maka model gerakan kesejahteraan sosial dapat diimplementasikan sebagai salah satu strategi praktik intervensi makro pekerjaan sosial,” jelasnya.

Oleh karena itu, seorang pekerja sosial sangat penting untuk memahami dan menguasai konsep , teori dan praktik Gerakan Sosial dan Gerakan Kesejahteraan Sosial dalam praktik intervensi makro pekerjaan sosial.

“Sebab itu, dalam upaya memahami bagaimana implementasi gerakan kesejahteraan sosial dalam praktik intervensi makro pekerjaan sosial, maka kita bisa belajar kepada Persyarikatan Muhammadiyah,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UMM Prof Dr HM Fauzan MSi menyampaikan apresiasi. Ia berharap gelar Gubes ini dapat menjadi cerminan figur dosen yang bijak. Hingga dapat meningkatkan kadar berpikir untuk kampus UMM di masa mendatang yang lebih baik.

“Kami menunggu kiprah inovasi dari Prof Dr Drs Oman Sukmana MSi,” pungkas Rektor UMM. (Agus N)