Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Ketua DPRD Kota Malang Dorong Generasi Muda Lestarikan Budaya

Bagikan :

Reportasemalang – Ketua DPRD I Made Riadiana Kartika, bertekad siap melestarikan budaya dimulai dari generasi muda. Hal ini disampaikan saat pagelaran wayang kulit di gedung DPRD Kota Malang.

Made mengaku bangga karena dalang dan para penabuh gamelan berasal dari pelajar SMP di Kota Malang.

“Saya merasa senang melihat penabuh gamelannya anak-anak muda, dalang dan penari remonya, ini menunjukkan Kota Malang masih eksis mempertahankan budayanya,” ujar Made.

Ke depan, dia berharap semakin banyak instansi-instansi Pemerintah Kota Malang akan menampilkan kegiatan ini yang dimulai dari gedung DPRD ini.

Dimulai dari gedung DPRD Kota Malang ini, saya berharap ke depan pagelaran wayang kulit ini semakin banyak digelar oleh instansi di lingkungan Pemkot Malang ini.

Karena dalang dan penabuh dari anak-anak maka durasi pertunjukannya tidak semalam suntuk.

“Walaupun durasinya pendek, yang penting pesan moral tersampaikan baik, dan selama 4 tahun memimpin di gedung dewan ini, baru kali ada pagelaran wayang kulit,” kata Ketua DPC PDIP Kota Malang ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Malang, Pancayani Dinihari menyampaikan, di Kota Malang ini baru lembaganya yang melestarikan budaya wayang kulit ini, dia bangga memiliki dalang cilik dari sekolahannya.

Dalam pelestarian budaya ini, kami selalu diundang oleh jajaran instansi Pemkot Malang, namun untuk keberadaan dalang cilik ini, itu sangat luar biasa dan membanggakan,” pungkasnya.