Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Upaya Wujudkan Kemandirian Air Baku Kota Malang, SPAM Tower Tugu Tirta Diresmikan

Wali Kota Malang mencoba langsung air SPAM Tower Tugu Tirta. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Wali Kota Malang mencoba langsung air SPAM Tower Tugu Tirta. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya mewujudkan kemandirian air baku di Kota Malang. Salah satunya dengan meresmikan operasional infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tower Tugu Tirta, yang diresmikan langsung Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji, Rabu (20/9/2023).

Berlokasi di area Kantor Tugu Tirta, SPAM Tower Tugu Tirta ini memiliki kapasitas 1.000 meter kubik dengan kemampuan produksi mencapai 40 liter per detik (lps). Kualitas produksi SPAM Tower Tugu Tirta ini juga telah memenuhi syarat uji kualitas sesuai Permenkes No.492/2010.

Produksi air dari SPAM tower ini diproyeksikan dapat didistribusikan hingga ke wilayah Sawojajar, Madyopuro, Lesanpuro hingga Buring.

“Kami punya komitmen tinggi untuk ketersediaan air baku dan menuju kemandirian air baku bagi masyarakat Kota Malang,” ujarnya.

Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Tidak hanya mengandalkan SPAM, menurut Sutiaji, kebutuhan air baku Kota Malang juga dibantu dengan pengolahan air permukaan. Terlebih saat ini Kota Malang telah melakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) Bango.

“Maka air permukaan Malang itu kalo kita inovasi, sangat potensial untuk bisa mandiri. Kita dilalui lima sungai seperti di sungai bango saja sudah siap 1000 lps. Saya kira untuk bisnis plan dari Perumda sudah masuk pada 100 persen air aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas menyampaikan bahwa Kota Malang sejak 2019 telah mengerjakan 10 SPAM yang tersebar di wilayah Kota Malang. Mulai dari SPAM Betek, Tlogomas, Tasikmadu, Joyoagung, Tidar, Mulyorejo, Sawojajar, Pisangcandi, Kebonsari, dan Merjosari

Adapun SPAM di Tower Tugu Tirta yang baru diresmikan tersebut diharapkan mampu menstabilkan layanan air baku di Kota Malang. Baginya, penyediaan air baku secara mandiri menjadi tantangan bagi Perumda Tugu Tirta.

“Untuk itu, era kepemimpinan Wali Kota Sutiaji ini banyak program yang dijalankan untuk menjawab tantangan itu. Seperti pembangunan sejumlah SPAM baru dan WTP di Sungai Bango,” pungkasnya.