Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Selamatkan Arsip Statis, Dispussipda Kota Malang Gelar Penelusuran Arsip Sejarah

Reportasemalang
Dispussipda Kota Malang Gelar Penelusuran Arsip Sejarah. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang menggelar Penelusuran Arsip Sejarah. Bertempat di Savana Hotel & Convention, Selasa (21/5/2024).

Kepala Dinas Dispussipda, Ir. Yayuk Hermiati, M.H. menyampaikan, acara ini diikuti 50 orang dari 14 komunitas. Diantaranya dari Hotel Pelangi, Pos Indonesia, Museum Brawijaya, Santo Yosef, Cor Jesu, Masjid Jami’, Lavalette, Hotel Tugu, Gereja Kayutangan, Bank Indonesia, Museum Mpu Purwa dan Museum Inggil.

Dijelaskan Yayuk, sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan pembinaan dan pengelolaan arsip diantaranya adalah arsip sejarah. Yang arsip tersebut sekarang berada di sejumlah tempat.

“Kami berharap arsip-arsip yang ada dalam kewenangan Bapak Ibu bisa kami akuisisi. Bukan ditarik ke lembaga kami, tapi dialih mediakan berupa arsip baik berupa foto maupun narasi sejarah lainnya. Yang nantinya akan kami informasikan untuk masyarakat luas,” jelasnya.

Reportasemalang
Kepala Dinas Dispussipda, Ir. Yayuk Hermiati, M.H. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Tentunya pemilik arsip ini yang lebih tau arsip mana saja yang bisa informasikan ke LKD. Untuk dialih mediakan sehingga masyarakat Kota Malang yang lain bisa mengetahui juga.

Mungkin di tempat yang sekarang, arsip-arsip tersebut hanya tersimpan saja tapi tidak tahu pemanfaatannya. Namun nantinya informasi ini ternyata bukan hanya berguna bagi masyarakat Kota Malang, tapi juga masyarakat nasional maupun internasional.

“Jadi itu maksud kami mengadakan acara ini. Karena kami ingin menyelamatkan arsip statis yang bernilai guna sejarah,” tuturnya.

“Setelah acara ini kami dari arsiparis akan keliling ke masing-masing pemilik arsip sejarah untuk kami alih mediakan,” tandasnya.

Sebagai informasi, dalam acara penelusuran arsip daerah juga dihadirkan dua narasumber yakni Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemanfaatan Arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. Tidor Arif T.Djati, MM. Serta Dekan Fakultas Ilmu Sosial UM dDr. Ari Sapto, M.Hum.