Search
Close this search box.
12 Juli 2024

Sarasehan Bulan Bakti ke-62, Karang Taruna Kota Malang Tekankan “Yang Muda Yang Berkarya”

Reportasemalang
Walikota Malang memberikan potongan tumpeng kepada Ketua Karang Taruna Kota Malang. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Karang Taruna Kota Malang menggelar Sarasehan Bulan Bakti ke-62 Karang Taruna. Berempat di Aula Ex. Dinas Sosial Kota Malang, kegiatan ini dihadiri langsung Walikota Malang, Senin (26/9/2022).

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, seiring dengan adanya serangkaian Bulan Bakti ini, diharapkan Karang Taruna dapat menjadi jembatan sekaligus pengawal program-program pemerintah.

Reportasemalang
Walikota Malang memberikan sambutan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Sesuai dengan asal muasal didirikannya Karang Taruna. Saya mohon eksistensi Karang Taruna bisa semakin dikuatkan. Dan saya lihat sudah mulai ada pergerakan, tidak stagnan,” ucapnya.

Karena itu, lanjut Sutiaji, untuk memuluskan dan menjalankan itu semua diperlukan koordinasi dan komunikasi yang kuat dengan Dinsos-P3AP2KB. Agar dapat memunculkan kreativitas, inovatif dan akseleratif serta mengawal program-program Pemerintah supaya bermanfaat bagi masyarakat.

“Itu semua memang butuh proses, tadi saya sudah minta ke Kepala Dinas Sosial (Dinsos-P3AP2KB), agar bisa terjadi komunikasi yang kuat dengan Karang Taruna hingga sampai turun ke bawah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Malang, Suryadi menjelaskan, selain agenda ini, sebelumnya sudah dilakukan road show gerakan menyapa. Dalam rangka mengimplementasikan paradigma baru yang harus dibangun dan dikuatkan oleh teman-teman Karang Taruna di seluruh tingkatkan.

Reportasemalang
Ketua Karang Taruna Kota Malang, Suryadi memberikan sambutan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Alhamdulillah saya lihat tren positif luar biasa ditangkap oleh pemuda pemudi teman-teman Karang Taruna di tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Dan kami harapkan Karang Taruna ini kedepan mampu melahirkan jiwa-jiwa yang berwatak sosial, peka terhadap sosial dan peduli terhadap lingkungan sosial,” terangnya.

Karena sesungguhnya lanjut Suryadi, ini merupakan nilai-nilai yang harus di dharma baktikan untuk bangsa dan negara.

“Sesuai dengan tagline dari Karang Taruna pusat, Konsisten Berkarya untuk Negeri. Maka kami coba implementasikan di daerah itu yaitu yang muda yang berkarya,” tuturnya.

“Karena itu sudah saatnya Karang Taruna ini mampu melakukan karya-karya nyatanya di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suryadi menyampaikan, program ke depan nantinya akan ada sinau bareng ke Bali bersama teman-teman. Kemudian ada kegiatan public speaking, santunan anak yatim, pelayanan kesehatan.

Termasuk juga akan ada acara puncak di bulan Oktober dengan menghadirkan Ketua Umum Karangtaruna Nasional. Sekaligus akan ada momen penting yakni Award Karang Taruna dengan berbagai kategori.

“Yang pasti nanti akan kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada teman-teman Karang Taruna di Kecamatan dan di Kelurahan yang sudah menghasilkan karya nyata bagi masyarakat. Itu sebagai bentuk apresiasi kami,” pungkasnya. (Agus N)