Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Resmi Dilantik, Rektor Baru ITN Malang Siap Perkuat Inovasi Teknologi

Reportasemalang
Pejabat baru, Rektor dan para Wakil Rektor ITN Malang.(Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D, resmi dilantik sebagai Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Periode 2023-2027, Rabu (1/3/2023). Bertempat di Aula Kampus 1 ITN Malang, Awan ditetapkan sebagai Rektor ITN Malang berdasarkan surat P2PUTN Malang Nomor: 250123/P2PUTN/A/2023 tertanggal 30 Januari 2023.

Usai dilantik, Pria asal Malang ini bertekad menjadikan ITN Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang bereputasi dengan menjadi barometer pengembangan teknologi di Indonesia.

“ITN Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang berbasis Teknologi akan menjawab tantangan itu. Dengan terus berinovasi di dalam bidang teknologi melalui pusat riset dan teknologi,” ujar Awan.

Reportasemalang
Pelantikan Rektor ITN Malang. (Foto: Ist/reportasemalang)

“Apalagi ITN Malang juga punya pusat riset terutama riset energi baru terbarukan, kita akan menguatkan lagi. Termasuk inkubator bisnis juga akan kita kuatkan,” imbuhnya.

Selain itu, Awan juga akan menguatkan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan industri. Termasuk bersinergi dengan para alumni, karena ITN punya jalinan alumni yang sangat kuat dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Sehingga nantinya ITN Malang akan menjadi institusi yang unggul,” tuturnya.

Sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi, lanjut Awan, ITN Malang harus dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui implementasi teknologi tepat guna. Serta pengembangan sumber daya manusia yang berkepribadian dan melek teknologi. Untuk itu, dosen harus bisa mengikuti perkembangan jaman.

“Sebagai pendidik, seorang dosen harus selalu memberikan update terbaru bagi mahasiswa, memberikan pembelajaran yang berkualitas dan harus melakukan penelitian yang berkelanjutan. Selain mengajar dan meneliti, dosen harus mampu berkontribusi terhadap pembangunan bangsa melalui kegiatan pengabdian masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ketua Yayasan Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) Malang, Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT menjelaskan, terpilihnya Awan sebagai calon rektor telah melewati berbagai tahapan. Diawali dengan proses penjaringan oleh senat, dari seleksi administratif hingga terpilihnya lima kandidat bakal calon rektor.

Nama kelima kandidat tersebut kemudian dikirimkan ke Yayasan Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) Malang.

“P2PUTN kemudian melakukan serangkaian proses uji kesehatan di RSUD Saiful Anwar, uji psikologi, dan uji fit and proper test oleh lembaga independen,” sebutnya.

Menurut Kartiko, ada beberapa parameter uji yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ITN Malang. Dari hasil uji tersebut terpilihlah Awan Uji Krismanto sebagai calon Rektor ITN Malang periode 2023-2027.

“Sesuai regulasi yang berlaku untuk proses pergantian rektor, jabatan Rektor ITN Malang adalah setiap empat tahun sekali,” terangnya.

Kartiko berharap, sebagai Rektor ITN Malang yang baru, Awan diharapkan senang tiasa mampu berkomunikasi, berkoordinasi dan selalu konsultasi dengan P2PUTN.

“Selalu menjalin hubungan yang baik dengan Yayasan P2PUTN sehingga program-program bisa berjalan dengan baik dan selaras sesuai dengan rencana,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah VII Jawa Timur, Prof.Dr.Dyah Sawitri SE MM menyampaikan ucapan selamat kepada Rektor ITN Malang yang baru.

“Kami dari LLDikti wilayah VII Jawa Timur selalu berharap besar, Rektor yang baru ini bisa membawa perubahan sehingga ITN Malang bisa menjadi Universitas berkelas dunia,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pelantikan Wakil Rektor I, II, III. Dimana posisi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ditempati Dr. Jimmy, ST MT. Kemudian Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan diisi Dr. Ir. Nusa Sebayang, MT. Sedangkan posisi Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi, dan Kealumnian ditempati Dr, Hardianto, ST MT. (Agus N)