Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Polinema Berikan Training of Trainer BIM 5D Software Cubicost kepada Dosen Polimdo

Reportasemalang
Pembukaan ToT BIM 5D Software Cubicost. (Foto: Ist)

Bagikan :

Reportasemalang – Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar Training of Trainer BIM 5D Software Cubicost. Yang diikuti 7 (tujuh) orang Dosen Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Program Competitive Fund Vokasi Tahun Anggaran 2024 Program Studi Sarjana Terapan Konstruksi Bangunan Gedung.

Wakil Direktur IV Polinema, Prof Ratih Indri Hapsari ST MT PhD menjelaskan, dalam kegiatan ini Polinema bekerjasama dengan Cubicost memberikan assesment kepada para dosen Polimdo. Dimana trainer atau instrukturnya merupakan dosen-dosen dari Polinema.

“Kegiatan ini berlangsung selama 9 hari, termasuk uji kompetensi,” jelasnya di Gedung Teknik Sipil Polinema, Selasa (25/6/2024).

Polinema ingin berkontribusi terhadap pengembangan SDM bidang konstruksi secara nasional. Supaya lebih kuat dalam menggunakan teknologi di bidang teknik sipil.

“Kita ingin berperan tidak hanya untuk mahasiswa, tapi juga untuk dosen dan lebih luas lagi untuk praktisi nantinya,” tuturnya.

Reportasemalang
Wadir IV dan Kajur Teknik Sipil Polinema bersama peserta ToT. (Foto: Ist)

Menurut Prof Ratih, semakin banyak mahasiswa yang tersertifikasi maupun dosen kampus lain yang tersertifikasi. Maka Polinema bisa lebih kuat lagi untuk menunjukkan kapasitas kita kepada dunia eksternal.

“Dalam hal ini industri konstruksi bahwa anak-anak kita dari Politeknik vokasi juga tersertifikasi. Dimana dosen-dosennya juga sudah memegang ToT dan lembaganya juga sudah terlisensi,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ketua jurusan Teknik Sipil Polinema, Muhammad Zenurianto, Dipl. Ing.HTL, M.Sc. menyebutkan, dari 7 peserta ToT Polimdo, 2 diantaranya pernah mengikuti training basic di Polinema.

“Sekarang diupgrade menjadi trainer karena mereka juga ingin mendirikan ETC dari Glodon. Kami melayani juga Poltek yang lain karena kami sudah memiliki lisensi,” sebutnya.

Sementara itu, perwakilan peserta dari Polimdo, Dr. Febriane Paulina Makalew ST., MUDD menyebutkan, pelatihan ini merupakan bagian dari persiapan membuat ETC di Politeknik Negeri Manado.

“Polinema sudah punya skema pelatihan ini, sehingga kami mengadakan kerjasama dengan Polinema. Supaya dosen-dosen di Polimdo bisa dilatih menjadi trainer untuk dosen, mahasiswa, alumni atau masyarakat yang ingin belajar Cubicost,” ungkapnya.

“Disamping kita belajar materinya, kita juga belajar pengelolaan administrasinya,” pungkasnya.

Informasi polinema klik disini