Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Pamerkan Berbagai Inovasi Mahasiswa, FTP UB Gelar Expo PKM

Reportasemalang
Wakil Dekan III FTP UB, Yusuf Hendrawan, meninjau hasil salah satu inovasi mahasiswa. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Sejumlah inovasi buatan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) dipamerkan dalam gelaran Expo PKM FTP UB. Bertempat di gedung FTP UB, kegiatan ekpo ini diikuti 16 tim PKM yang mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti, Senin (22/8/2022).

Wakil Dekan III FTP UB, Yusuf Hendrawan, STP,
M.App.Life Sc., PhD, mengatakan, hingga saat ini FTP terus berkomitmen bahwa fakultas merupakan tempatnya prestasi. Sehingga pihaknya selalu mendukung kegiatan yang inovatif seperti ini.

Reportasemalang
Wakil Dekan III FTP UB, Yusuf Hendrawan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Kita dari pihak Dekanat selalu mensuport kegiatan-kegaiatan yang inovatif khususnya pengembangan riset sampai ke hilirisasi komersialisasi produk, itu akan kami dukung terus,” ujarnya.

Dikatakan Yusuf, goal dari expo ini adalah untuk mendidik mahasiswa supaya punya jiwa inovasi. Sehingga ketika mereka nanti lulus, mereka sudah bisa membuat inovasi sendiri kemudian sampai ke tahap hilirasasi.

“Jadi ketika mereka sudah sukses membuat inovasi, kita akan kirimkan mereka untuk kompetisi internasional. Dan itu yang terus kita lakukan,” terangnya.

“Sehingga mereka akan punya semangat untuk berkompetisi, semangat untuk berinovasi dan kedepannya mereka akan menjadi lulusan yang unggul,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan Yusuf, FTP sebenarnya sudah menyiapkan tempat untuk membangun gedung khusus kemahasiswaan. Dimana nantinya di situ akan ada dua working space. Working space pertama difokuskan untuk tempat riset mahasiswa. Sebab FTP satu-satunya fakultas yang memberikan hibah dana riset untuk mahasiswa.

“Kalau yang lain biasanya dana hibah riset untuk dosen. Tapi kita berfikirnya, output dari industri pendidikan adalah mahasiswa bukan dosen. Sehingga kita memberikan hibah riset untuk mahasiswa,” tuturnya.

Kemudian kalau sudah menjadi inovasi alat, baru dilempar ke sebelahnya yaitu working space untuk kewirausahaan. untuk program hilirasasi produknya.

“Sehingga lulusan kita sesuai dengan visi UB sebagai world class entrepreneur university,” tandasnya.

Sementara itu ketua pelaksana, Ana Faiqotun Nuriyah menjelaskan, kegiatan Expo merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari PKM Box. Tujuannya untuk memfasilitasi para tim PKM yang mendapatkan pendanaan yang dari Dirjen Ristek Dikti.

“Sekaligus untuk mempublikasikan karya-karya mereka agar lebih dikenal. Untuk tahun ini ada 16 tim PKM FTP yang mendapatkan pendanaan,” pungkasnya. (Agus N)