Search
Close this search box.
13 Juli 2024

Media di Malang Jajal Kecanggihan Hyundai STARGAZER, Berikut Fitur Canggihnya

Reportasemalang
Perwakilan media mencoba kecanggihan Hyundai STARGAZER. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Hyundai STARGAZER mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Indonesia, setelah diluncurkan tahun lalu. Dan pada bulan Maret ini, sejumlah perwakilan media di Malang Raya berkesempatan membuktikan kehebatan Multi Purpose Vehicle (MPV) Hyundai yang memiliki tampilan dinamis, ekspresif dan futuristis ini.

Mereka kemudian menjajal performa sekaligus kecanggihan mobil yang diproduksi langsung di pabrik Hyundai Indonesia tersebut. Termasuk menjajal performa STARGAZER di jalan-jalan padat tengah kota, di jalan tol Malang-Lawang yang membutuhkan kecepatan maksimal. Hingga mencoba ketangguhannya di rute menanjak.

Disampaikan Sales Supervisor Hyundai Sutoyo Malang, Yohanes Cahya Kusuma, selain tampilan dinamis, ekspresif dan futuristis. Hyundai Stargazer diklaim memiliki fitur paling canggih di kelas MPV sejenisnya.

Reportasemalang
Jurnalis Reportasemalang menjajal kecanggihan Hyundai STARGAZER. (Foto: Ist/reportasemalang)

“Khususnya terkait fitur Hyundai SmartSense, Hyundai Bluelink, hingga fitur-fitur keamanan dalam berkendara,” sebutnya.

Menurutnya, Fitur Hyundai SmartSense dan fitur keamanan lainnya, tidak ada pada mobil MPV sejenis di kelas produk kompetitor. Tak hanya memberikan pesan peringatan dan notifikasi yang dapat didengar. Namun juga dapat melakukan aksi pengereman darurat otomatis, ketika ada potensi bahaya terjadinya kecelakaan.

“Keunggulan utama lainnya, yakni aplikasi Bluelink merupakan sebuah inovasi Connected Car Service dari Hyundai. Dimana memungkinkan pelanggan untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Yohanes, ada dua tombol keamanan di dekat spion tengah, yakni tombol Roadside Assistance (RSA) dan SOS. Tombol RSA digunakan untuk meminta bantuan jalan jika pengendara mengalami kendala teknis di jalan, seperti mogok atau ban pecah yang membutuhkan bantuan kendaraan derek. Sedangkan tombol SOS, berfungsi untuk menghubungkan pengendara dengan call center Hyundai saat darurat seperti kecelakaan.

“Begitu dua tombol ini ditekan, akan langsung menghubungkan pengendara dengan call center Hyundai. Pengendara maupun penumpang dapat mendengar langsung suara call center di dalam mobil. Tinggal menyebutkan kondisi dan bantuan yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Untuk keamanan, Hyundai STARGAZER membenamkan fitur Stolen Vehicle Notification untuk mengantisipasi risiko pencurian. Dengan mengirimkan sinyal melalui aplikasi Bluelink jika kendaraan Anda dicurigai dibuka secara paksa.
Tidak hanya itu, terdapat pula fitur Stolen Vehicle yang dapat melacak keberadaan mobil jika terjadi pencurian. Dimana Call Center Hyundai akan melacak lokasi kendaraan dan memberikan informasi rute yang dilalui.

“Kemudaian ada fitur Stolen Vehicle Immobilization untuk meminta bantuan kepada call center Hyundai dengan mematikan mesin mobil sepenuhnya. Jika terjadi pencurian kendaraan sehingga pencuri tidak bisa menghidupkan mesin kembali,” tandasnya.

Hyundai STARGAZER juga menambahkan fitur keselamatan tambahan yang disematkan pada aplikasi Bluelink. Beberapa fitur keamanan tersebut antara lain:

  • Geo-Fence Notification: fitur untuk mengontrol batas area dimana mobil boleh dikendarai atau tidak. Jika kendaraan melewati batas yang Anda tentukan, maka pemilik mobil akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Bluelink.
  • Speed Notification: fitur yang memungkinkan pemilik kendaraan Hyundai STARGAZER untuk mengatur batas kecepatan maksimal. Jika kendaraan digunakan dengan kecepatan di atas batas yang telah ditentukan, maka Anda akan mendapatkan notifikasi.
  • Time Fencing Notification: fitur yang memungkinkan pemilik Hyundai STARGAZER untuk mengatur kapan waktunya mobil tidak boleh digunakan khususnya pada jam-jam tertentu.
  • Valet Mode: fitur yang berguna untuk mengawasi mobil saat ditinggalkan. Dengan fitur ini Anda tetap bisa mengawasi kendaraan saat dititipkan kepada staff valet.

Sementara itu, lima perwakilan tim media termasuk Reportasemalang kemudian menjelajahi sejumlah spot yang merupakan ikon kota Malang, mulai Gereja Ijen, Taman Cerme hingga Taman Slamet. Tim menjajal performa mobil 7 seater yang ditumpangi 5 penumpang ini menuju Kota Batu.

Tim singgah di sejumlah titik untuk menikmati keindahan Kota Wisata Batu seperti Klub Bunga dan Batu Love Garden (Baloga), hingga kembali ke Kota Malang lewat jalan berliku Karangploso dan masuk jalur tol Singosari-Madyopuro Malang.

Kendaraan ini dirasakan relatif stabil dengan kecepatan di atas 100 km/jam di jalan tol, apalagi digeber dengan menggunakan transmisi manual.

Secara keseluruhan Hyundai STARGAZER ini terasa mantap dan tangguh saat dikendarai. Baik sebagai pengemudi maupun penumpang dimana etiap anggota tim bergantian menjadi pengemudi. (Agus N)