Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Kukuhkan 837 Wisudawan, Direktur Polinema Tekankan Peningkatan Soft Skill

Sebanyak 837 wisudawan ikuti prosesi wisuda Polinema. (Foto: Ist/reportasemalang)
Sebanyak 837 wisudawan ikuti prosesi wisuda Polinema. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali menggelar prosesi wisuda. Dengan mengukuhkan 837 wisudawan, yakni 5 wisudawan Program Magister Terapan, 450 wisudawan Program Sarjana Terapan/Diploma IV, dan 382 wisudawan Program Diploma III.

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, ST., mengatakan, Polinema terus berkomitmen untuk menciptakan lulusan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM). Yang memiliki kapasitas dan kompetensi tinggi sebagai tenaga kerja maupun wirausahawan terampil, handal dan tangguh dalam segala kondisi.

Menurut Supriatna, alumni yang hidup pada era serba digital seperti abad ini, diharapkan tetap mau mengasah soft skill masing-masing. Agar mampu bersaing dan unggul diantara banyak pengisi pasar kerja/industry di masyarakat.

“Tingkatkan softskill 4C (Four-C) yaitu Communication, Critical Thinking, Creative, and Collaboration yang tentunya sangat bermanfaat saat menerjuni dunia kerja,” ujarnya saat memberikan sambutan di Graha Polinema, Sabtu (28/8/2023).

Prosesi wisuda Politeknik Negeri Malang. (Foto: Ist/reportase malang)

Selain harus memiliki beberapa kelebihan soft skill abad 21, lanjut Supriatna, wisudawan Polinema yang notabene siap diterima oleh dunia kerja, harus mampu mengedepankan dan menunjukkan karakter pribadi sebagai Problem Solver. Mampu menjadi penengah, pencerah atau penemu solusi dalam setiap permasalahan pekerjaan yang ditemui di tempat kerja maupun di kehidupan masyarakat.

Hal ini sangatlah relevan dengan proses pembelajaran yang telah wisudawan lakukan selama menempuh pendidikan di Polinema. Salah satunya melalui metode evaluasi pembelajaran Case Methode (Studi Kasus) atau Team-Based Project (Pembelajaran berbasis Proyek).

“Saya yakin, saat ini para wisudawan telah berusaha untuk mengembangkan berbagai kemampuan dalam dirinya dengan caranya masing masing,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Supriatna, Polinema juga membuat program khusus guna menyiapkan mahasiswa untuk siap memasuki dunia kerja. Dan pengembangan keilmuan dengan cara merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif.

“Banyak yang bisa dieksplorasi oleh mahasiswa melalui program Merdeka Belajar yang semakin diminati oleh mahasiswa Polinema,” ucapnya.

“Diharapkan melalui program tersebut, mahasiswa dapat membentuk dirinya menjadi manusia pembelajar. Sehingga mampu berkontribusi dalam pemenuhan SDM pada dunia industri dan dunia kerja,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur I Polinema, Dr Kurnia Ekasari SE MM Ak CA melaporkan, rincian wisuda kali ini pada tiap jenjang. Tercatat 5 wisudawan Program Magister Terapan, 450 wisudawan Program Sarjana Terapan/Diploma IV, dan 382 wisudawan Program Diploma III.

“Wisudawan berpredikat Cumlaude dan Terbaik tingkat Polinema sejumlah 3 orang. Wisudawan berpredikat Cumlaude dan Terbaik tingkat program studi sejumlah 21 orang. Dan Wisudawan berpredikat Cumlaude dari masing-masing jurusan/program studi sejumlah 375 orang,” pungkasnya.