Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Kuatkan Kerjasama, UTM Satellite Office Diresmikan di Universitas Negeri Malang

Reportasemalang
Peresmian UTM Satellite Office di UM. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Hubungan kerjasama antara Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Tekonologi Malaysia (UTM) semakin erat dengan diresmikannya UTM Satellite Office di UM.

Menempati salah satu ruangan di gedung A19 lantai 3 UM, nantinya UTM Satellite Office akan menjadi wadah saling berbagi informasi. Guna meningkatkan SDM yang ada diantar dua universitas.

Rektor UM, Prof Dr AH Rofi’uddin MPd. mengungkapkan, langkah UM dengan menjadikan UTM menjadi mitra sangat penting sudah sangat tepat.

“Satelit office ibarat satu kamar untuk dua rumah. Intinya kita bisa berbagi informasi baik di UM maupun di UTM,” ujarnya usai meresmikan UTM Satellite Office, Jumat (9/9/2022).

Satellite Office UTM yang ada di UM ini akan menjadi hub ekstensi dari UTM. Dimana mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan juga masyarakat umum untuk mendapatkan informasi mengenai studi lanjut, kesempatan magang, kolaborasi riset dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kantor ini juga bisa dimanfaatkan menjadi wadah pengelolaan alumni,” sebutnya.

Disampaikan Rofi’uddin, kegiatan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan UM dalam rangka internasionalisasi pendidikan tinggi. Yang menjadi tuntutan ketika mobilitas orang, informasi dan ide semakin deras arusnya.

Internasionalisasi pendidikan tinggi bagi UM adalah pemajuan ilmu pengetahuan dan relasi antar bangsa.

Dengan pijakan kerjasama untuk saling menguatkan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat inilah, maka UM dan UTM bersepakat untuk saling memberi ruang bagi adanya kantor satelit atau kantor perwakilan.

“UTM kini memiliki ruang di UM, yaitu di Gedung Kuliah Bersama A19, lantai 3. UM pun akan memiliki ruangan yang menjadi bagian penting dari UTM di Institut Ibnu Sina di kampus mereka di Johor Bahru,” ungkapnya.

Sementara itu, Vice Chancellor UTM, Prof. Ahmad Fauzi Ismail mengaku baru pertama kali ini UTM memiliki kantor satelit di luar negeri yaitu di UM.

“Adanya kantor ini untuk menguatkan kerjasama. Seperti mobilitas dosen, mahasiswa juga kegiatan lainya,” tuturnya.

Prof Fauzi berharap, lewat kerjasama ini ada produk yang dihasilkan antara UTM dan UM. Produk yang mantul (mantap betul).

“Apalagi dengan melihat jumlah penduduk Indonesia yang cukup banyak yaitu lebih dari 250 juta jiwa,” pungkasnya. (Agus N)