Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Kembangkan Potensi Wirausaha Mahasiswa, Universitas Negeri Malang Launching UM Super

Reportasemalang
Rektor Universitas Negeri Malang launching UM Super. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) kembali membuat terobosan. Dengan meresmikan UM Student-Parent Entrepreuner (Super).

Dimana program ini melibatkan mahasiswa dan orangtua mahasiswa yang ingin mengembangkan usaha keluarga.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr Heni Kustianti MM, menjelaskan, program UM Super merupakan wujud perhatian Rektor terhadap mahasiswa. Khususnya mereka yang terkendala pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan mensinergikan antara orangtua yang memiliki usaha dengan mahasiswa.

Reportasemalang
Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr Heni Kustianti MM,. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Yakni dengan mengembangkan potensi wirausaha mahasiswa untuk membantu usaha orangtuanya,” jelas Heni, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut Direktur Kemahasiswaan ini menerangkan, ada beragam macam program dalam UM Super. Salah satunya pendampingan yang dimulai dari Strarting, Profitting dan Sistem Amazing.

“Jadi untuk yang baru memulai usaha, pihak UM akan memberikan pelatihan. Sedangkan untuk yang taraf usahanya sudah berjalan atau tingkat Profitting dan Amazing, akan diberi program pendampingan,” terangnya.

Untuk pendampingan program UM Super, kampus ini bekerjasama dengan lima lembaga perbankan sekaligus. Dan bisa diikuti seluruh mahasiswa UM yang masih aktif, S1 hingga S3.

Disebutkan, dari pendataan awal ada 1.000 orang, kemudian diseleksi menjadi 222 orang yang berhasil program UM Super. Dimana perekrutannya pihak panitia mengambil dari data orangtua yang memiliki usaha.

“Pada tahap pertama ini ada 222 mahasiswa yang ikut berkontribusi. Tahap berikutnya akan dibuka lagi pada Mei dan Juli,” sebutnya.

Menurut Heni, program ini tidak hanya menyasar untuk orangtua yang memiliki usaha saja. Bagi usaha yang bangkrut atau masih dalam taraf perencanaan, dibuka pintu lebar-lebar untuk bergabung. Terpenting, mahasiswanya mau mengikuti program UM Super ini.

“Ini Pilot Projec UM untuk menciptakan Entepreuner muda yang bekerjasama dengan orangtua secara langsung,” terangnya.

Nantinya lanjut Heni, pelatihan secara kontinu dijadwalkan setiap Sabtu peserta digembleng tentang wirausaha. Narasumbernya dipilih dari akademisi, dosen-dosen UM sendiri, maupun para praktisi wirausaha.

“Lewat program ini, UM ingin menciptakan Entrepreuner muda yang mampu membuat lapangan pekerjaan. Lulusan kampus ini usai wisuda tak lagi bingung mencari kerja. Malah merekrut tenaga kerja,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono,M.Pd menuturkan bahwasanya peran keluarga sangat penting dalam perkembangan anak. Sehingga sinergi antara orang tua, mahasiswa dan juga kampus sangatlah diperlukan.

“Insyaallah jika program ini berhasil, kita tidak hanya memfasilitasi mahasiswa dan keluarga, tetapi juga dapat menjadi pemantik serta menginspirasi bagi dunia pendidikan maupun dunia usaha,” pungkasnya. (Agus N)