Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Jalin Kerjasama dengan Prince of Songkla University, Prodi Keperawatan UMM Siap Go Internasional

Reportasemalang
Visiting Professor dengan narasumber Prof. Dr. Karnsunaphat Balthip. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Sejumlah kerjasama dilakukan Program Studi (Prodi) Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan Prince of Songkla University (PSU). Diawali dengan gelaran Visiting Professor dengan narasumber Prof. Dr. Karnsunaphat Balthip, Kamis (29/2/2024).

Kepala Bagian Kerjasama UMM sekaligus Ketua Panitia acara Visiting Professor, Henik Tri Rahayu S Kep Ns MS PhD menjelaskan, kerjasama yang bakal dilakukan diantaranya sharing eksperience. Termasuk ke potensi publikasi antar dosen.

Kemudian kemungkinan penjajakan kerjasama antara UMM dengan Songkla University terkait student exchange, teacher exchange serta kerjasama penelitian dan pengabdian.

“Jadi tadi sudah inisiasi diskusi awal dengan beliau terkait dengan beberapa topik tentang prevensi pada pencegahan penyakit-penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung dan sebagainya. Kebetulan cocok dengan visi dan misi Prodi Kesehatan UMM, sehingga nanti potensi kerjasama ini nanti akan dikembangkan terkait kerjasama penelitian dan Non Communicable Disease (NCD),” jelasnya.

Reportasemalang
Kepala Bagian Kerjasama UMM, Henik Tri Rahayu. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Menurut Henik, Profesor dari Thailand yang hadir ini memang ahli di bidang Comunity Nursing Roles. Yakni pencegahan penyakit-penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, obesitas, Stroke, dan penyakit-penyakit tidak menular lainnya.

“Penyakit-penyakit tidak menular tersebut saat ini menjadi momok masyarakat sekarang,” tandas Henik. 

Lebih lanjut dikatakan Henik, untuk di prodi Keperawatan, kerjasama ini merupakan kerjasama yang ketiga di tahun ini. Sebelumnya sudah menjalin kerjasama untuk kegiatan semacam ini ada dari Vietnam, Malaysia.

Menurutnya, kerjasama dalam pertukaran baik dari mahasiswa maupun dosennya itu bisa saling bertukar bisa saling go internasional. Sesuai dengan visi UMM sekarang kita go internasional.

“Kita juga menyediakan akreditasi internasional. Kan di UMM itu ada beberapa prodi yang sudah terakreditasi internasional. Kita inginnya adalah utamanya di Keperawatan InsyaAllah segera terakreditasi internasional,” tandasnya.