Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Gelar Wisuda ke-115, Begini Harapan Rektor UM Kepada Wisudawan

Reportasemalang
Rektor Universitas Negeri Malang bersama lima lulusan terbaik. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar wisuda ke-115 secara luring. Bertempat di gedung Graha Cakrawala (Gracak) UM, prosesi wisuda diselenggarakan dengan konsep kehati-hatian disertai dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., dalam sambutannya berpesan, agar para wisudawan mampu menyiapkan diri dalam menapaki kemandirian. Menjejaki kehidupan baru di luar kampus baik dalam ranah keluarga, profesi maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

“Para wisudawan akan menapaki tantangan yang kompleks. Tetapi yakinlah di tengah tantangan tersebut, akan terbentang pula peluang yang luas yang kelak dapat dimanfaatkan,” tuturnya.

Reportasemalang
Prosesi wisuda ke 115 Universitas Negeri Malang. (Foto: Ist/reportasemalang)

Menurutnya, tantangan yang dihadapi para wisudawan akan sangat berbeda dengan tantangan sebelumnya. Sebagai generasi digital yang hidup di tengah kondisi revolusi industri 4.0 di abad ke-21, lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki keterampilan literasi dan kompetensi.

“Literasi kita tidak cukup hanya bergantung pada literasi baca tulis hitung saja. Tapi sekarang sudah harus menguasai 4C yaitu critical thinking, creativity, collaboration, communication,” sebutnya.

Selain itu, Rektor UM juga berpesan agar para lulusan bisa menguasai literasi dan kompetensi. Keduanya penting untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki dalam memecahkan suatu permasalahan yang semakin kompleks di era saat ini.

“Itulah sebabnya lulusan memang harus terus meningkatkan kualitas kompetensi dan kapabilitasnya dalam aspek kepemimpinan dan kerjasama tim. Kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global serta kemampuan untuk berwirausaha,” tandasnya.

Lebih lanjut Prof Rofi’uddin menyebutkan, jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda periode ke-115 ini sebanyak 1.086 orang. Dengan jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 859 orang (99,42%).

Sedangkan predikat yudisium kelulusannya, Dengan Pujian sebanyak 688 orang (79,63%), Sangat Memuaskan sebanyak 171 orang (19,79%), dan Memuaskan sebanyak 5 orang (0,58%).

Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah dengan Pujian sebanyak 94 orang (70,68%), Sangat Memuaskan sebanyak 36 orang (27,07%), dan Memuaskan sebanyak 3 orang (2,26%).

Kemudian dari total 1.086 orang yang di wisuda 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Dan satu orang lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas.

“Sehingga dengan adanya tambahan jumlah wisudawan periode ke-115 ini, total UM hingga saat ini telah meluluskan sebanyak 146.284 orang lulusan,” sebutnya. (Agus N)