Search
Close this search box.
12 Juli 2024

Diikuti 19.487 Peserta, UB Siapkan Metal Detector untuk Antisipasi Kecurangan

Reportasemalang
Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS bersama Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES dan Kasubag Humas dan Kearsipan UB Kotok Gurito, S.E. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 mulai dilaksanakan hari ini, Selasa (17/05/2022). Serentak di 74 Pusat UTBK di Indonesia, termasuk di Universitas Brawijaya (UB).

UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Pada hari pertama pelaksanaan UTBK, Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS beserta para pimpinan universitas dan fakultas melakukan peninjauan secara langsung. Peninjauan dilakukan di Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Teknologi Pertanian.

“Alhamdulillah, pelaksanaan UTBK hari pertama ini dapat berjalan dengan lancar. Kami sudah mengecek semua kesiapannya mulai sebelum, hingga pada saat pelaksanaan ujian. Semua peserta telah mengikuti protokol kesehatan dan pemeriksaan dengan metal detector. Insya Allah tidak ada sesuatu yang tidak kita inginkan,” ungkapnya saat melakukan konferensi pers di gedung Rektorat UB.

Disebutkan, pelaksanaan UTBK 2022 di UB diikuti oleh 19.487 peserta. Karena itu UB menyediakan 67 ruangan dan 1.380 komputer untuk setiap sesinya.

“UB full melaksanakan UTBk di kampus dengan lab komputer milik kampus,” katanya.

UTBK di UB melibatkan 79 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES menuturkan, UB juga memfasilitasi peserta UTBK difabel. Ada tujuh peserta difabel, yang terdiri dari dua orang tuna netra dan lima orang tuna daksa. Mereka disediakan ruangan khusus di FISIP dan FILKOM.

“Mereka kami tempatkan di dua fakultas tersebut karena memang ada akses dan fasilitas untuk difabel,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pemeriksaan kepada para peserta dengan metal detector sebelum tes dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan. UB menyediakan dua petugas, laki-laki dan perempuan di masing-masing ruangan untuk melakukan pengecekan.

“Tahun lalu sudah ada namun hanya di beberapa ruangan. Sedangkan tahun ini semua ruangan sudah dilengkapi fasilitas metal detector untuk mengantisipasi adanya peserta yang membawa HP atau kamera,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada gelaran UTBK kali ini setiap harinya terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Hasil UTBK akan diumumkan di website ltmpt.ac.id pada tanggal 23 Juni 2022.

“Tahun ini UB akan menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yakni SNMPTN (20 persen), SBMPTN (30 persen), dan Seleksi Mandiri (50 persen),” pungkasnya. (Agus N)