Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Dies Natalis ke-41, Polinema Perkuat Sinergisitas di Dalam dan di Luar Kampus

Reportasemalang
Pemotongan tumpeng dimulainya rangkaian Dies Natalis ke-41 Polinema. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Mengusung tema “Memperkuat Sinergisitas untuk Polinema Berkualitas”, Politeknik Negeri Malang (Polinema) memperingati Dies Natalis ke-41 tahun. Serangkaian kegiatan telah disiapkan, yang diawali dengan upacara yang diikuti sivitas akademika, mulai dosen, tenaga kependidikan, Dharma Wanita, hingga mahasiswa, Kamis (9/2/2023).

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT menyampaikan, Dies Natalis ke-41 merupakan momentum melakukan kontemplasi dan evaluasi secara mendalam. Atas semua yang telah dikerjakan selama estafet kepemimpinan dengan istilah Back to the Future. Yakni revitalisasi falsafah dasar Polinema menjawab tantangan era disrupsi.

“Konsep yang dikembangkan pada Dies Natalis ke-41 ini, adanya sinergisitas di dalam kampus dan di luar kampus,” ujarnya.

Reportasemalang
Capacity building dalam rangka Dies Natalis ke-41 Polinema. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Seperti tema Dies Natalis kali ini, pihaknya berkomitmen untuk bersinergi, berupaya membangun sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan. Melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi berkualitas, dengan mengambil peran yang signifikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Upaya ini diwujudkan melalui peningkatan layanan pendidikan, baik secara internal kepada mahasiswa, serta seluruh sivitas akademika Polinema. Maupun eksternal yakni kepada masyarakat dan mitra Polinema.

“Konsep sinergisitas di dalam kampus, yakni antar dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, yang memiliki visi misi yang sama menuju pencapaian ke depan. Sementara, sinergisitas dengan pihak eksternal, seperti IKA Polinema, mitra industri dan lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Direktur, Polinema telah memperoleh persetujuan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK). Dimana struktur organisasi mengalami perubahan tata kelola, yakni terdapat beberapa perubahan, baik istilah, penambahan dan pengurangan pada struktur. Di antaranya:

  • Perubahan nama Pembantu Direktur menjadi Wakil Direktur;
  • terdapat 2 Kabag dengan 2 Sub Bagian
    UPT menjadi UPA;
  • P2M menjadi Pusat P2M;
  • KJM menjadi Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran

Salah satu program yang dicanangkan pada Dies Natalis kali ini adalah Green Campus yang bersinergi dengan pihak yang peduli lingkungan di Malang Raya. Rencananya penanaman pohon tersebut akan dilaksanakan pada awal Maret 2023.

“Polinema akan melaksanakan gerakan penanaman 1.000 pohon di kampus. Dan kedepannya, akan membuat embung untuk konservasi air hujan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan kampus Polinema,” jelas Direktur.

Dalam upacara tersebut, Wakil Direktur Bidang Akademik, Dr Kurnia Ekasari SE MM Ak CA, membacakan Keputusan Direktur Polinema tentang Penerima Quality Award 2023. Di antaranya:

  • Juara I, diraih oleh Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan,
  • Juara II diraih oleh Program Studi D-III Teknik Mesin, dan
  • Juara III diraih oleh Program Studi D-IV Akuntansi Manajemen.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dies Natalis Polinema ke-41, Ahmad Fauzi, SKom MMT mengatakan, ada 11 rangkaian kegiatan Dies Natalis. Diawali dengan upacara Dies Natalis di lapangan kampus, dilanjutkan capacity building di Graha Polinema, Kamis (9/2/2023).

Setelah upacara, Pimpinan, Senat, dosen dan tenaga kependidikan Polinema mengikuti acara Capacity Building.

“Kami menghadirkan motivator M. Iwan BD SE MNLP CEHt CHRBP. Beliau mengusung materi berjudul “From Good to Great of Work Attitude,” tandasnya.

Sebagai informasi rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-41, dimulai 9 Februari sampai 30 Juni 2023. Yaitu:

  1. Upacara Dies Natalis Polinema ke-41 dan Capacity Building,
  2. Pengajian Isra’ Mi’raj,
  3. Pemilihan Program Studi Terbaik,
  4. Gowes Bersama IKA Polinema,
  5. Green Campaign Competation (Penanaman 1000 Pohon),
  6. Digital Marketing – Polinema Branding,
  7. Mini Soccer,
  8. Orasi Ilmiah (Rapat Senat Terbuka),
  9. Bakti Sosial (Hasil Karya Mahasiswa untuk UMKM),
  10. Expo Hasil Produk,
  11. Jalan Sehat. (Agus N)