Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Bekali Maba, Polinema Gelar Kuliah Tamu Sekjen Dewan Pertahanan Nasional

Reportasemalang
Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Nasional, memberikan kuliah tamu. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar kuliah tamu bagi Mahasiswa Baru (Maba). Bertempat di Graha Polinema, kegiatan ini digelar secara Hybrid dengan menghadirkan Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Nasional, Laksamana Madya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., S.Pi., M.H. Senin (3/10/2022).

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT, menyampaikan, kegiatan ini digelar untuk memberikan bekal-bekal awal. Yang nantinya dipakai dasar bagi para Maba dalam rangka masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Setelah kemarin kita adakan LDK, orientasi pendidikan, temasuk student day. Maka kita hari ini memiliki agenda yaitu salah satunya pembekalan bagi para mahasiswa baru dalam bentuk kuliah tamu,” ujarnya.

Reportasemalang
Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT. memberikan sambutan. (Foto: Ist/reportasemalang)

Menurutnya, para Maba Polinema ini harus diberikan pemahaman bahwa mereka sebagai bagian dari generasi muda inilah yang nanti akan jadi generasi penerus bangsa. Karena itu mereka harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar menjadi SDM unggul ke depannya.

“Sehingga nantinya akan bisa berkiprah, berkarya, berkarir dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara,” ucapnya.

Apalagi, lanjut Supriatna, generasi muda saat tengah hidup di era revolusi Industri 4.0. Dimana tantangan yang mereka hadapi tidak ringan.

Sebab itu, niat, tekat dan semangat Maba harus lebih dikuatkan kembali. Bahwa masa depan bangsa dan negara itu adalah tergantung dari apa yang akan mereka lakukan hari ini.

“Sehingga kesiapan mereka untuk menyiapkan diri menjadi generasi muda yang unggul. Ini yang kita harapkan bisa memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Sementara itu, pembicara kuliah tamu, Laksamana Madya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., S.Pi., M.H, menyampaikan, sebenarnya Allah sudah menyiapkan manusia ini sebagai generasi unggul. Sekarang tinggal bagaimana mereka manusia mempertahankan keunggulan itu.

“Kalau kita senantiasa mengingat Allah dan tindakan tindakan kita selalu dikaitkan dengan apa maunya Allah, InsyaAllah kita akan jadi generasi yang unggul,” terangnya.

Sedangkan dalam konteks mahasiswa itu disini ada yang namanya tridarma perguruan tinggi. Maka bagaimana proses belajar mengajar itu diarahkan untuk menciptakan generasi unggul. Yaitu generasi yang spiritual tinggi yang kemudian dia selalu tidak akan pernah puas dengan ilmu pengetahuan. Dia akan selalu mengembangkan ilmunya untuk kemaslahatan masyarakat.

“Generasi unggul itu adalah bukan generasi yang mementingkan diri sendiri. Tetapi juga memikirkan kemaslahatan umat. Sekaligus mampu mendarmabhaktikan dirinya bagi masyarakat dan sekeliling. Dan ini sangat sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah,” tuturnya.

Lebih lanjut Harjo menyampaikan, mahasiswa Polinema punya semangat yang tinggi dan InsyaAllah akan mendapatkan pendidikan yang baik sesuai dengan tridarma perguruan tinggi.

“Saya kira ini akan menjadi potensi yang luar biasa. Bagian dari bonus demografi yang terdidik dengan baik dan InsyaAllah akan menjadi generasi unggul yang bisa memberikan manfaat kepada bangsa dan negara,” pungkasnya. (Agus N)