Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Asah Kemampuan Wirausaha, FEB UB Gelar Entrepreneur and Business Simulation Competition

Reportasemalang
Anggota panitia, Erie Awalil Fakhri meninjau pelaksanaan Entrepreneur and Business Simulation Competition. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) terus berkomitmen untuk mencetak entrepreneur muda. Sekaligus mewujudkan visi UB sebagai World Class Entrepreneurial University.

Salah satunya melalui gelaran Dekan Cup FEB UB bidang Entrepreneur and Business Simulation Competition.Yang digelar di ruang sidang utama gedung Dekanat lama FEB UB lantai 2, Sabtu (8/10/2022).

Anggota panitia, Erie Awalil Fakhri menjelaskan, Entrepreneur and Business Competition ini merupakan salah satu bidang yang dilombakan di Dekan Cup. Dan diikuti ratusan Mahasiswa Baru (Maba) FEB UB yang memiliki minat wirausaha.

Reportasemalang
Maba FEB UB mengikuti Entrepreneur and Business Simulation Competition. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Menurutnya, kegiatan ini merupakan ajang untuk mencari bibit-bibit mahasiswa baru yang punya jiwa entrepreneurship. Dimana nantinya juga akan diarahkan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi bisnis lainnya.

“Bukan hanya mengikuti kompetisi bisnis saja. Harapan kita FEB sebagai institusi yang berada di dalam UB, mampu menyokong terwujudnya visi Universitas Brawijaya sebagai World Class Entrepreneurial University,” ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang juga tercatat sebagai dosen FEB UB ini menyampaikan, diawal pendaftaran kompetisi, total ada 160 orang Maba yang mendaftar. Kemudian disaring menjadi 50 peserta yang terbagi ke dalam 10 tim.

“Jadi sekarag yang lagi berjalan adalah tahapan kedua berupa simulasi bisnis. Dimana ada rangkaian games yang kita kerjasamakan dengan lets play id. Guna mengasah kemampuan kewirausahaan para peserta,” jelasnya.

Dalam tahapan ini, dikatakan Erie, peserta akan memainkan sebuah game simulasi berbagai jenis bisnis. Sehingga mereka dapat merasakan berbagai tantangan dalam dunia bisnis.

“Di dalam bisnis, kita akan menemui banyak tantangan. Dan para peserta akan kita masukkan dalam kondisi tersebut melalui permainan ini,” ucapnya.

“Harapannya, teman-teman yang mengikuti kompetisi ini bisa mengasah skil kewirausahaannya,” imbuhnya.

Setelah game ini, akan ada tahapan selanjutnya. Dimana peserta akan memberikan proposal bisnis kecil-kecilan. Kemudian menyampaikan bagaimana mereka membuat ide bisnis tersebut dan bagaimana nanti mengimplementasikan bisnis itu.

“Pemenang akan mendapat hadiah, salah satunya berupa fresh money. Dan jika nanti dari mahasiswa ini memang ada bisnis yang benar-benar bisa dijalankan, akan kita dukung terus,” pungkasnya. (Agus N)