Search
Close this search box.
13 Juli 2024

1.062 Mahasiswa UM Bakal Ikuti Wisuda ke-118

Reportasemalang
Gladi bersih Wisuda UM ke-118. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) bakal menggelar Wisuda periode ke-118. Tercatat, sebanyak 1.062 mahasiswa yang lulus, dan akan mengikuti prosesi wisuda, Sabtu besok (18/3/2023) di Gedung Graha Cakrawala.

Ketua pelaksana wisuda Dr. Nur Eva , S.Psi, M.Psi menjelaskan, ada yang spesial pada gelaran wisuda periode ke-118 ini. Dimana semua mahasiswa berprestasi baik tingkat fakultas jenjang Diploma S1 S2 S3. Kemudian juga pemanggilan di tingkat Universitas.

“Kalau selama ini kita memanggil hanya yang di tingkat Universitas. Tapi pada wisuda kali ini setiap fakultas juga akan menampilkan mahasiswa terbaiknya. Jadi total mahasiswa yang akan naik ke panggung sekitar 78 mahasiswa pada semua jenjang,” jelasnya pada gladi bersih wisuda, Jumat (17/3/2023).

Reportasemalang
Ketua pelaksana wisuda Dr. Nur Eva , S.Psi, M.Psi. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Tujuannya untuk lebih mengapresiasi mahasiswa yang telah meraih mencapai prestasi tertinggi atau pamuncak di wisuda ke-118,” tandasnya.

Lebih lanjut Dr. Nur Eva menyampaikan,
protokol kesehatan masih digunakan dalam wisuda kali ini. Sehingga ruangan di desain dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan menunjukkan hasil vaksin.

“Harapannya para wisudawan diharapkan siap menghadapi tantangan apapun ketika keluar dari kampus UM. terutama yang berkaitan dengan penggunaan teknologi yang semakin masif,” tuturnya.

Sementara itu pada wisuda periode 118 ini, dari 1.062 mahasiswa yang lulus. Jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 832 orang (99,52%). Sedangkan predikat yudisium kelulusannya adalah: Dengan Pujian sebanyak 599 orang (71,65%); Sangat Memuaskan sebanyak 233 orang (27,87%); dan Memuaskan sebanyak 4 orang (0,48%).

Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah: Dengan Pujian sebanyak 123 orang (75,46%); Sangat Memuaskan sebanyak 36 orang (22,09%); dan Memuaskan sebanyak 4 orang (2,45%).

Diketahui juga ada 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.

Program Doktor : Dr. Glory Islamic, putra dari Bapak M.A. Muchtar dan Ibu Masyrifah; IPK 4,00; lama studi 5 semester; Program Studi S3 Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), yudisium Dengan Pujian.
Program Magister : Pragita Aci Adistya, M.E., putri dari Bapak Wingo Siswanto dan Ibu Ratna Wulansari; IPK 4,00; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); yudisium Dengan Pujian.
Program Sarjana : Rount Maulero, S.Pd., putra Bapak Munari dan Ibu Eny Sumiartini; IPK 3,95; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra (FS); yudisium Dengan Pujian.
Program Diploma III : Mohammad Arif Rohman, A.Md., putra Bapak Baedowi dan Ibu Suyati; IPK 3,84; lama studi 6 semester; Program Studi D3 Game Animasi, Fakultas Sastra (FS); yudisium Dengan Pujian.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Siti Nuradilla, S.Si; putri Bapak Riduan dan Ibu Nani Lesdawati; IPK 3,83; lama studi 7 semester Program Studi S1 Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); yudisium Dengan Pujian, dengan capaian prestasi non akademik antara lain:

-International Conference of Mathematics and its Application (ICOMATHAP): Presenter (Tahun 2022)
-ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF): Gold Medal (Tahun 2021)
-International Poetry Writing Competition and Contributor in Poetry Anthology “Magnificent Jingle” (Tahun 2020)
-Essay Competition in Program Pemuda Mendunia Chapter Singapore (Tahun 2020). (Agus N)