Search
Close this search box.
13 Juli 2024

Tingkatkan Serapan Alumni di Dunia Kerja, Polinema Gelar Job Fair Jilid 2

Reportasemalang
Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo memberikan sambutan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali menggelar Job Fair jilid 2. Bertempat di Graha Polinema, kegiatan ini digelar selama dua hari (12-13/11/2022) dan
melibatkan 43 perusahaan multi nasional yang bergerak di berbagai sektor.

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo,ST., MT, menjelaskan, kegiatan job fair ini merupakan salah satu upaya Polinema dalam rangka mewujudkan ultimate goal. Dimana ukuran ultimate goal dari dunia pendidikan adalah tingkat keterserapan dari para alumni.

“Karena bagaimana pun juga, proses yang kita lakukan memang tidak akan bisa dikatakan berhasil, jika lulusan kita tidak mencapai ultimate goal itu. Baik yang bekerja di industri, menjadi seorang entrepreneur atau yang melanjutkan studi,” ujarnya saat membuka Polinema Job Fair, Sabtu (12/11/2022).

Karena itu Polinema berupaya untuk mendidik para mahasiswa sesuai dengan minat bakat yang dimiliki masing-masing. Sehingga potensi diri yang ada pada setiap mahasiswa itu bisa terfasilitasi oleh Polinema.

“Sebab itu, dalam proses pembelajaran, mulai dari awal sampai dengan mahasiswa itu lulus, kami berupaya agar Polinema bisa memfasilitasi semua hal yang terkait dengan upaya-upaya tersebut,” ucapnya.

Reportasemalang
Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, meninjau salah satu stan peserta Job Fair. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Menurut Direktur, upaya-upaya yang melibatkan pihak-pihak eksternal di luar kampus tidak bisa dihindari dan dihilangkan. Bahwa kebutuhan akan kerjasama kemitraan antara Polinema dengan semua stakeholder terutama dengan para praktisi yang ada di dunia Industri, dunia usaha dan dunia kerja termasuk pemerintah dan kelompok masyarakat. Itu menjadi bagian yang sangat strategis dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan mutu penyelenggaraan pendidikan di Polinema.

“Karena itu kami juga sangat terbuka untuk para praktisi di dunia Industri, dunia usaha dan dunia kerja. Membantu Polinema agar para lulusan sebagai calon-calon tenaga kerja itu bisa benar-benar match sesuai dengan yang diharapkan,” ungkapnya.

“Untuk itu tentunya program pertama yang harus kita link kan dulu antara pendidikan tinggi vokasi khususnya Polinema dengan para mitra strategis Polinema,” tandasnya.

Ketua Panitia Polinema Job Fair, Nain Dhaniarti Raharjo, S.ST., MT., menyampaikan, Polinema Job Fair kali ini adalah jilid yang ke dua. Sebelumnya jilid pertama di selenggarakan di aula Pertamina 5-6 September 2022 lalu.

Menurutnya, di Polinema Job Fair jilid kedua ini melibatkan kurang lebih sekitar 43 perusahaan multi nasional yang bergerak di beberapa sektor. Terutama yang mampu mengakomodir tujuh jurusan yang ada di Polinema.

“Jadi menyangkut manufaktur ada, cemical ada, kontruksi dan sebagainya juga ada,” sebutnya.

Target pasar job fair ini lanjut Nain, hanya untuk internal Polinema saja, mahasiswa dan alumni Polinema saja. Tidak dibuka untuk umum. Tercatat ada sekitar 1.800 pendaftar yang bakal mengikuti Polinema Job Fair.

“Kita konsen pada fokus pencapaian indikator kinerja utama di Polinema. Yaitu terserapnya mahasiswa kami di dunia usaha dan dunia industri,” tuturnya.

“Kami konsennya pada lulusan 2021 dan 2022. Karena memang target dari kementerian adalah untuk menyokong indikator kinerja utama itu difokuskan pada lulusan 2021 dan 2022,” pungkasnya. (Agus N)