Search
Close this search box.
14 Juni 2024

Puluhan Santri Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning Fraksi PKS Malang Raya

Reportasemalang
Penyerahan hadiah LBKK. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Malang Raya menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke VI. Bertempat di Kantor DPTD PKS Kabupaten Malang, Jalan Kapi Minda Raya, lomba ini diikuti sebanyak 68 peserta, Minggu (27/11/2022).

Ketua Pelaksana, sekaligus Anggota DPRD Kota Malang, Rokhmad, berharap kegiatan positif Lomba Baca Kitab Kuning ini bisa terus menjaga dan merawat tradisi keilmuan dan sanad ilmu agama dari ulama terdahulu.

“Semoga ada dari santri – santri dari Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu yang lolos tingkat Jawa Timur. Dan terpilih menjadi juara pertama di tingkat nasional atau pusat,” harapnya.

Reportasemalang
Salah satu santri peserta lomba. (Foto: Ist/reportasemalang)

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Daerah 5 PKS Jawa Timur, Syaiful Rosyid menjelaskan, kegiatan lomba baca kitab kuning merupakan hajatan tahunan Fraksi PKS se Indonesia.

Menurutnya, Santri menjadi garda terdepan dalam merebut kemerdekaan. Sehingga harus disediakan ruang yang banyak untuk para santri. Dan mengingatkan peserta untuk dapat memanfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara.

“Manfaatkan waktu mudamu sebelum datang masa tuamu. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu. Masa kayamu sebelum datang masa miskinmu. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu. Dan manfaatkan masa hidupmu sebelum datang matimu,” terangnya.

Kegiatan LBKK kali ini membedah kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibary yang umum menjadi rujukan di pesantren-pesantren di Indonesia.

“Semoga ada perwakilan dari santri -santri Malang raya yang terpilih menjadi juara nasional. Sehingga tradisi juara dari Jawa Timur bisa terus berlanjut dan kali ini berasal dari Malang Raya,” harapnya.

Tahun lalu LBKK ke V dari Jawa Timur peserta asal madura bernama Sholihan menjadi juara pertama tingkat nasional.

Turut hadir Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batu Ludi Tanarto, Ketua DPD PKS Kabupaten Malang Irfan Yuli Prasetyo, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo, Ketua DPD PKS Kota Batu Ady Sayoga, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik, Ketua BPD 5 PKS Jawa Timur Syaiful Rosyid. (Agus N)