Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Polinema Terima Hibah Engine Scania dari PT. Kalimantan Prima Persada

Reportasemalang
Prosesi penyerahan hibah engine scania berupa foto secara simbolis. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema) mendapatkan hibah engine dan transmisi scania P380 dari PT. Kalimantan Prima Persada (KPP). Engine scania ini sendiri merupakan mesin dumb truck kapasitas 26-30 ton.

Penyerahan hibah engine dan transmisi scania P380 ini diserahkan bersamaan dengan acara Polinema Job Fair di Graha Polinema, Sabtu (12/11/2022).

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo,ST., MT mengaku sangat mengapresiasi hibah engine dan transmisi scania P380 yang diberikan PT. Kalimantan Prima Persada. Menurutnya, hibah ini merupakan salah satu bentuk link and match antara Polinema dengan Dunia Industri Dunia Kerja dan Dunia Usaha.

Reportasemalang
Direktur Polinema bersama Direktur PT Kalimantan Prima Persada. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Hibah alat ini tetunya bisa mendekatkan antara kebutuhan riil yang ada di industri. Artinya peralatan apa yang digunakan industri itu kalau bisa kita bawa ke kampus dengan konsep green Industri to campus,” ucapnya usai menerima hibah engine scania.

“Jadi antara campus dengan Industri itu harus kita dekatkan. ini salah satu upaya mendekatkan kampus dengan Industri dan industri juga mendekatkan diri dengan kampus,” imbuhnya.

Karena bagaimanapun juga, lanjut Direktur, antara output berupa lulusan Polinema ini menjadi suplay buat industri. Sehingga kalau ini semakin dekat, apa yang dihasilkan dalam bentuk lulusan ini menjadi salah satu hal yang positif bagi Industri.

“Supaya memenuhi apa yang dibutuhkan, kompetensinya. Termasuk mungkin di dalamnya sertifikasi yang dibutuhkan industri itu bisa dipenuhi sebelum mereka memasuki dunia kerja,” tuturnya.

“Harapan kami ke depan ini menjadi satu hal positif. Karena alat itu nantinya disamping untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa, tentunya juga membuka peluang untuk alat itu bisa dimanfaatkan dalam rangka memberikan berbagai macam pelatihan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PT Kalimantan Prima Persada, Tutut Rahendro berharap, dengan dihibahkannya Engine scania ini, para mahasiswa Polinema ini bisa belajar apa itu engine scania dan transmisi scania. Sehingga nanti apabila ditanya oleh perusahaan yang akan merekrut, mereka bisa bercerita pengalamannya sudah pernah membongkar engine scania dan transmisi scania.

“Ini akan menjadi suatu hal yang luar biasa bagi mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan alumni Polinema 1995 ini menyampaikan, penyerahan hibah engine scania P380 merupakan salah satu bagian dari program CSR dari PT KPP.

“Dimana PT KPP memang konsen juga di bidang pendidikan. Karena itu kami kerap memberikan pembinaan kepada mahasiswa ataupun mereka yang memang menjadi calon-calon karyawan pasti kita bina,” ucapnya.

“Sehingga program kami salah satunya adalah bekerjasama dengan pihak kampus. Termasuk kampus Polinema dengan memberikan alat bantuan engine scania,” pungkasnya. (Agus N)