Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Peduli Perubahan Iklim, Taruna Cilik SD Kartika IV-7 Tanam Pohon Pule

Reportasemalang
Para Taruna Cilik menanam pohon Pule bersama Wakil Walikota Malang. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Puluhan Taruna Cilik siswa siswi SD Kartika IV-7 melakukan aksi tanam pohon Pule. Hal ini dilakukan guna mengurangi dampak dari perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Menggandeng Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Malang Raya, kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dan Kasdim 0833/Kota Malang, Mayor Arm Choirul Efendi.

Dalam smabutannya Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon Pule. Terlebih, kegiatan ini diikuti para siswa sekolah dasar.

Reportasemalang
Foto Wakil Walikota Malang bersama peserta penanaman pohon Pule. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Menurutnya, acara semacan ini sangat penting bagi anak-anak. Agar mereka tanggap, paham dan simpati terhadap perubahan iklim.

“Masih kecil sudah diajak untuk berpikir peduli lingkungan. Makanya ini menjadi momen yang sangat penting,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Sofyan Edi, macam-macam cara dilakukan orang agar dapat beradaptasi dengan iklim. Ada yang menggunakan kipas angin maupun dengan pendingin ruangan. Tapi itu sebatas dilakukan hanya untuk dirinya pribadi.

“Sedangkan dengan menanam pohon, itu untuk lingkungan dan kehidupan generasi yang akan datang. Ini kalau dilakukan bersama-sama akan jauh lebih bagus. Apalagi budaya menanam ini ditanamkan sejak dini,” tuturnya.

Namun demikian, pria yang akrab disapa Bung Edi ini menegaskan bahwa peduli lingkungan tidak cukup dengan menanam saja. Tapi juga harus mampu merawatnya.

“Kita tanamkan budaya untuk gemar menanam pada anak-anak sejak dini. Tapi menanam saja tidak cukup, harus juga merawat. Jadi menanam jangan lupa untuk merawat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Kartika IV-7, Fitria Minarni, S.Pd menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya dari pihak sekolah untuk menggelorakan sekolah berwawasan lingkungan.

“Kami bekerjasama dengan HPAI dan Astra. Dimana program ini adalah untuk aksi tanam pohon pule bersama puluhan Taruna Cilik siswa SD Kartika IV-7,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat seluruh jajaran Kartika IV-7 untuk terus berkarya melestarikan lingkungan.

“Sekaligus mengimplementasikan kepada masyarakat sekitar,” sebutnya

Senada, Kasdim 0833, Mayor Arm Choirul Efendi turut mengapresiasi budaya menanam pohon yang dikenalkan SD Kartika IV-7 kepada para siswanya sejak dini.

“Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk menumbuhkan kecintaan para Taruna Cilik ini terhadap lingkungan sejak dini,” ucapnya.

Apalagi penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan.

“Terutama yang berkaitan dengan perubahan iklim,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua HPAI Malang Raya, Sulaiman Sulang menyatakan, HPAI terus memberikan dorongan kepada sekolah-sekolah dengan cara memberikan semangat untuk terus berkegiatan terkait lingkungan.

“Jadi tidak hanya berdiam diri di sekolah. Tapi prinsip kolaborasi antara komunitas penggiat Adiwiyata dengan sekolah harus terus bersinergi,” terangnya.

Karena menurut Sule, membahas lingkungan tidak cukup satu dua orang. Tapi harus melibatkan banyak pihak.

“Jadi prinsip kolaborasi ini perlu ditingkatkan. Dan harapan kami sekolah yang belum Adiwiyata itu bisa segera mendapatkan apresiasi Adiwiyata,” pungkasnya. (Agus N)