Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Optimalisasi Peran Mahasiswa, UM Resmikan Program Edutop

Reportasemalang
Peresmian program edutop. (Foro: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) meresmikan Education Mentorship Program (Edutop). Yakni program pendampingan yang melibatkan mahasiswa pilihan untuk menjembatani dan memperlancar proses perkuliahan.

Kepala Pusat Media dan Sumber Belajar, LPPP UM, Dr Juharyanto MM MPd menjelaskan, program ini merupakan upaya optimalisasi peran mahasiswa dalam perkuliahan secara lebih tersistem. Hal ini menyingkapi banyak dosen yang secara pribadi mengangkat asisten untuk membantu mereka mengajar.

“Karena itu, UM menangkap potensi tersebut dengan membuat program penguatan mentoring dengan lebih tersistem,” jelasnya, Jum’at (13/01/’23).

Kepala Pusat Sumber Belajar UM ini juga menyebutkan, jumlah mahasiswa yang lolos seleksi program ini mencapai 259 mahasiswa. Mereka dipilih dari 74 Prodi yang ada untuk selanjutnya mereka digodok dalam Workshop dua hari.

“Calon mentor mendapat pembekalan meliputi materi yang terkait mentoring, etika mentoring, teknik dan manajemen mentoring,” sebutnya.

Juharyanto menyatakan, gagasan mentoring yang diberi nama UM-Edutop ini menyingkapi kondisi pasca Pandemi. Terlebih ia akui, beberapa dosen senior, pola pikirnya masih belum milenial. Dimana ide serta gagasan mereka terkadang tidak sinkron dengan kebutuhan kekinian.

“Ada gap antara dosen dan mahasiswa. Maka perlu jembatan yang merangkul mahasiswa pilihan,” tuturnya.

Selain IPK diatas 3,5, mahasiswa yang masuk dalam UM-Edutop ini juga dipilih prilakunya yang terbaik.

Ia menjelaskan, 16 Januari ini perkuliahan akan aktif kembali. Maka mahasiswa mentor ini akan mendapat pengarahan dan penguatan di masing-masing Fakultas.

“Setelah itu akan ada koordinasi dan konsultasi dengan masing-masing dosen mata kuliah. Mereka akan diajari Rancangan Pengajaran Semester (RPS) dan Action Plan yang disederhanakan untuk taraf belajar,” terangnya.

Lebih lanjut Wakil Rektor 1 UM, Prof Dr Ibrahim Bafadal MPd. menyebut, Edutop ini merupakan progam inovatif dan strategis. Dimana merupakan satu dari dua inovasi langsung dari Rektor.

“Setiap semester UM-Edutop dievaluasi, untuk kelanjutan semester depan. Tenaga mentor ini diberikan khusus untuk membantu para dosen yang mendapat tugas luar,” pungkasnya. (Agus N)