Search
Close this search box.
15 Juli 2024

Mahdan: PYVC Ini Bak Emas 24 Karat

Reportasemalang
Saat pemuda Penelh Jang Oetama bersama Warga Kelawis. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangNasional, Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) Sumbawa kembali digelar oleh Yayasan Peneleh Jang Oetama di desa Kelawis kecamatan Orong Telu Sumbawa. Agenda yang diikuti oleh 30 pemuda dari berbagai latar belakang ini mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan. Salah satunya masyarakat desa Kelawis sendiri, Pak Mahdan.

 “Kami sebagai masyarakat desa Kelawis bersyukur dan berterimakasih kepada Yayasan Peneleh yang sudah berkenan untuk melaksanakan agenda pengabdian di desa kami. Bagi kami, ini agenda yang sangat luar biasa, selain membantu masyarakat juga sekaligus membuka cakrawala berfikir masyarakat di desa Kelawis,” ungkapnya. 

Menurutnya, masyarakat desa kelawis tidak pernah menyangka akan ada pemuda yang serius melakukan pembangunan di desa tersebut. Hal ini mengingat daerahnya jauh dari perkotaan, bahkan akses komunikasi yang sulit. “Sekali lagi kami salut dengan Aktivis Peneleh yang rela datang ke desa kami hanya untuk membangun kemandirian desa, luar biasa,” terang staf kantor Kecamatan tersebut. 

Pak Mahdan mengibaratkan PYVC sebagai emas 24 karat, maka rugi jika ada masyarakat yang ikut serta dalam agenda ini. “Jadi mas, kalau saya mengibaratkan ini sebagai emas 24 karat beserta kemuliaannya. Coba saja pikir dengan kelapa jernih, kita diberikan Guru Ngaji, diajak untuk mengembangkan ekonomi kreatif desa, pemuda-pemudi kita diajak untuk kolaborasi membangun desa, diberikan akses kesehatan dan pendidikan gratis. Sudah lengkap, kalau ada masyarakat yang tidak ikut dalam agenda ini, maka sangat rugi,” pungkas pak Mahdan dengan tegas. PYVC akan dilangsukan di desa Kampus selama Agustus. (Faiz)