Search
Close this search box.
13 Juni 2024

Jalin Kerjasama, Fakultas Vokasi UB dan Sekolah Vokasi IPB Terus Perkuat Sinergi Penyelenggaraan Pendidikan Vokasional

Reportasemalang
Kerjasama Vokasi UB dan Vokasi IPB. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Fakultas Vokasi (FV) Universitas Brawijaya (UB) terus berupaya memperkuat sinergi penyelenggaraan pendidikan Vokasional. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Sekolah Vokasi (SV) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dekan Fakultas Vokasi UB, Prof Unti Ludigdo menyampaikan, kedatangannya tersebut sebagai bentuk silaturrahmi dan belajar dengan SV IPB. Karena ia mengetahui SV IPB sangat kuat bagaimana membangun kultur akademik. Membangun fasilitas pembelajaran dan juga pembangunan kampus yang tidak hanya terpusat pada satu lokasi, dan dimanfaatkan dengan luar biasa bersinergi dengan Dudika.

“FV UB juga terinspirasi bagaimana SV IPB memperkuat SDM dengan merekrut dosen yang mempunyai perspektif kevokasian yang kuat. Baik secara kualitas dan kuantitas,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Belajar dari itu, FV UB juga akan merekruit talenta terbaik yang memiliki perspektif dan praktik kevokasian. Karena dosen vokasi harus membangun kapasitas dirinya dalam mindset sebagi akademisi vokasi dan menguatkan kapasitas keprofesionalan sebagai praktisi pendidikan vokasi.

Pertemuan yang sangat akrab ini diakhiri dengan penandatangan kerjasama untuk saling menguatkan dan sinergi produktif antara FV UB dan SV IPB. Bidang yang akan dikerjasamakan adalah penguatan dan peningkatan kualitas SDM serta pengelolaan jurnal dan publikasi.

“Hal lainnya yang diharapkan dari kerjasama ini adalah mewujudkan tekad vokasi kuat menguatkan Indonesia dan vokasi sehat menyehatkan Indonesia,” Prof Unti.

Sementara itu, Dekan Sekolah Vokasi IPB, Prof. Dr. Arief Daryanto M. Ec. menyampaikan pandangan bahwa harus diakui, suka maupun tidak suka, pendidikan vokasi masih belum menjadi first choice bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah.

“Untuk itu SV IPB mengupayakan branding dan rebranding secara terus menerus untuk meningkatkan daya tarik dan peminat studi lanjut di vokasi,” ungkapnya.

Upaya yang dilakukan IPB adalah dengan memanfaatkan media sosial. Karena target calon mahasiswa saat ini sangat sering menggunakan media itu.

Menguatkan ini dibuatlah fasilitas untuk support kegiatan branding melalui media sosial dengan mengadakan studio podcast, studio broadcast, mini theater dan fasilitas pelengkap yang mendukung kreativitas pemanfaatan media sosial.

“Langkah yang cukup penting juga bagi SV IPB sebagai upaya meningkatkan branding adalah dengan meningkatkan prestasi mahasiswa di ajang perlombaan nasional maupun internasional,” pungkasnya. (Agus N)