Search
Close this search box.
12 Juli 2024

HMI UIN Malang Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi

Reportasemalang
Peringatan Maulid Nabi di lapangan basket UIN Malang. (Foto: Rifki/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) UIN Malang gelar Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk meneladani spirit perjuangan Rasulullah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan utama Kampus UIN Malang dan diawali dengan Bersholawat bersama Ki Ageng Wali .

Ketua Umum HMI UIN Malang Rifqi mengajak seluruh kader HMI UIN Malang untuk meneladani spirit perjuangan Rasulullah. Menurutnya, ini sebuah kemustian bagi kader HMI sebagai organisasi yang berasaskan Islam dengan nilai Islam yang Rahmatan Lill Alamin (Rahmat bagi semesta alam).

“Islam dalam HMI sebagai suatu agama dan seperangkat ajaran, serta aktualisasi nilai nilai didalamnya. Dengan demikian kader-kader HMI harus berani menegakkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan,” ungkap Rifki dalam keterangannya, (Senin (10/10/2022).

Reportasemalang
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ahmad Fatah Yasin. (Foto: Rifki/reportasemalang)

Lanjut dia, idealitas kader HMI dalam memaknai islam merupakan visi dan misi yang selalu mendatangkan inspirasi untuk merealisasikan makna agama islam itu sendiri secara universal tanpa harus terpaku dengan aliran atau ormas tertentu.

“Sebab itu kader HMI bisa masuk kesemua golongan dan dapat diterima oleh semua golongan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang Ahmad Fatah Yasin menyebut kader HMI jangan mengharapkan apa-apa dari organisasi akan tetapi lebih kepada apa yang bisa diberikan untuk organisasi.

“Untuk para kader HMI jangan pernah mengharapkan apa-apa dari organisasi ini, akan tetapi kader harus berprinsip apa yang bisa diberikan kepada HMI,” ujar Fatah sapaan akrabnya.

Kemudian ia mengajak mahasiswa untuk aktif berkegiatan di kampus, baik yang bersifat reguler maupun non reguler.

“Reguler dalam artian perkuliahan berjalan dengan tertib dan non reguler berupa kegiatan non akademik, ekstra kampus yang tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Kegiatan juga sekaligus memeperingati Hari Kesaktian Pancasila dan diisi dengan diskusi. Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pengurus Kahmi UIN Malang, Pengurus HMI Cabang Malang, Kader HMI dan Mahasiswa UIN Malang. (Dean)