Search
Close this search box.
13 Juli 2024

Gelar Wisuda Periode 40, Unitri Lepas 878 Wisudawan

Reportasemalang
Prosesi wisuda Unitri Periode 40. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Ratusan wisudawan-wisudawati Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) mengikuti prosesi Wisuda Program Studi dan Magister Periode 40 Tahun 2022. Bertempat di GOR Unitri, wisuda kali ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (29-30/10/2022), dan dilaksanakan secara offline.

Rektor Unitri, Prof Ir Eko Handayanto MSc PhD mengatakan, Unitri mengucapkan terima kasih kepada para orang tua/wali yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan tinggi di Unitri. Selain itu, Prof Eko juga berpesan
kepada seluruh wisudawan untuk tetap menjaga nama baik Unitri.

“Tetaplah menjalin komunikasi dengan almamater, agar kita bersama-sama bahu membahu mendarmabaktikan potensi kita masing-masing untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Reportasemalang
Ketua Panitia Wisuda, Muhammad Yusi Kamhar, S.Pd., M. Pd. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Termasuk terus menjalin komunikasi dengan almamater tercinta. Dengan
bergabung dalam IKABHUWANA (Ikatan Alumni Universitas Tribhuwana Tunggadewi).
Pasalnya, alumni adalah bagian penting dalam program-program kegiatan universitas dalam peningkatan kualitas Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

“Kritik dan saran yang konstruktif dari seluruh sivitas dan alumni UNITRI, selalu saya harapkan untuk perbaikan UNITRI. Bawalah pulang dan beritakanlah keluar hal-hal yang baik tentang Unitri. Tetapi tinggalkanlan hal-hal yang kurang baik tentang Unitri untuk kita perbaiki bersama,” bebernya.

Disebutkan Prof Eko, hingga saat ini Unitri telah meluluskan 14.283 sarjana dan magister yang semuanya merupakan sumber daya manusia yang diharapkan berkualitas dan kompeten.

Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda, Muhammad Yusi Kamhar, S.Pd., M. Pd mengatakan, jumlah wisudawan kali cukup tinggi, sehingga dibagi menjadi dua hari. Total ada
878 wisudawan-wisudawati yang mengikuti prosesi wisuda periode 40 ini.

“Di hari pertama, Unitri mewisuda 486 dan sisanya 392 di hari kedua,” tandasnya.

Disampaikan Yusi, jumlah mahasiswa yang mengikuti wisuda cukup tinggi, didominasi hampir 85-90 persen oleh mahasiswa yang lulus tepat waktu 4 (empat) tahun. Sisanya diikuti oleh mahasiswa semester tua, yang kuliah lebih dari empat tahun,” jelas Yusi, sapaan akrabnya.

Para wisudawan didampingi oleh satu anggota keluarga, dengan tempat terpisah di lapangan. Sementara 8 (delapan) mahasiswa terbaik dari masing-masing Fakultas, langsung didampingi saat prosesi wisuda di GOR Unitri.

“Hanya 8 (delapan) wisudawan terbaik yang didampingi oleh orang tuanya di GOR,” tandasnya.

Delapan wisudawan terbaik tersebut, di antaranya:
• Wisudawan terbaik Tingkat Universitas diraih oleh Petronela Olo SPd dari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dengan IPK (3,96);
• Wisudawan terbaik Fakultas Pertanian diraih oleh Stephens Ermanda Saputra SP dari Program Studi Agribisnis dengan IPK (3,83);
• Wisudawan terbaik Fakultas Teknik diraih oleh Piet Pinola ST dari Program Studi
Teknik Sipil dengan IPK (3,81);
• Wisudawan terbaik Fakultas Ekonomi diraih oleh Nadya Elia Putri SAk dari Program Studi Akuntansi dengan IPK (3,88);
• Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diraih Hubertus
Aprian SAP dari Program Studi Administrasi Publik dengan IPK (3,86);
• Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Kesehatan diraih oleh Khusnul Dwiyanti
SKep dari Program Studi Keperawatan dengan IPK (3,59);
• Wisudawan terbaik Program Sarjana Terapan diraih oleh Nofita Andriani STrKeb dari Program Studi Kebidanan;
• Wisudawan terbaik Sekolah Pascasarjana diraih oleh Gordianus Jana STP MP, dari Program Studi Magister Ekonomi Pertanian dengan IPK (3,97);

Disebutkannya, jumlah mahasiswa yang diwisuda kali ini, tingkat keterserapan dalam dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (dudika) sekitar 75 persen.

Sekedar informasi, mewadahi alumni yang telah menempuh program sarjana maupun magister, UNITRI tengah mengembangkan Pusat Pengembangan Karir atau Career Development Centre (CDC) Unitri. Dimana memiliki basis keanggotaan di seluruh Indonesia, terdiri dari asosiasi mahasiswa dan organisasi perwakilan. (Agus N)