Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Gelar Executive Meeting, Alumni dan Pimpinan Bahas Pengembangan UB, Berlanjut “Kelab Ngalam”

Reportasemalang
Gelaran Executive Meeting. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Mengusung tema “Kelab Ngalam”, anggota Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) pulang ke kampusnya untuk menyemarakkan acara Dies Natalis UB ke-60.

Bertempat di gedung Rektorat UB, momen ini dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi jajaran alumni dengan Rektor dan pimpinan UB. Bertajuk Executive Meeting (EM), Sabtu (17/12/2022).

Hadir dalam gelaran Executive Meeting yakni Rektor UB Prof. Widodo, SSi.,Msi.,Ph.D.,Med.Sc, Ketua Umum Ikatan Alumni UB, Prof. Ahmad Erani Yustika, PhD., Sekjen Kementerian PUPR Ir. Zaenal Fatah dan sejumlah tokoh IKA UB lain. EM menghadirkan nara sumber Prof Widodo dan Prof Erani dengan moderator Wasekjen IKA UB, Dr. Edi Purwanto.

Dalam meeting ini dibahas berbagai agenda untuk kemajuan UB.

Reportasemalang
Menteri PMK, Prof.Dr. Muhadjir Effendy, MAP. hadiri acara temu alumni UB Kelab Ngalam. (Foto: Ist/reportasemalang)

Rektor UB, Prof. Widodo menyampaikan, kini sudah saatnya alumni kembali ke kampus untuk turut membangun UB. Dengan status UB yang sudah PTNBH tentu peran serta alumni makin strategis.

“Karena itu kami menawarkan kepada para alumni untuk berperan membangun fasilitas seperti edutorium, hotel, kolam renang, gedung parkir, kanopi trotoar, renovasi gedung UB Jakarta, coworking space dan lainnya,” ujarnya.

Senada, ketua IKA UB, Prof Erani menyampaikan, EM sebagai wadah silaturahmi antara alumni dengan UB.

“Berkolaborasi bisa saling memberikan kontribusi bagi kemajuan bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Zaenal Fatah mengatakan pentingnya kampus menangkap fenomena global seperti creative economic dan penguatan peran bagi kontribusi umat dan bangsa.

Alumni UB lain, Wignyo Adiyoso, yang saat ini bekerja di Bappenas mempersilahkan mahasiswa UB yang ingin magang di Bappenas, fasilitasi joint education dengan kampus kampus di luar negeri serta kerjasama lain.

Usai acara EM, malamnya (Sabtu) dilanjutkan dengan acara Kelab Ngalam yang digelar di gedung Samantha Krida UB. Kelab Ngalam diisi dengan berbagai agenda :

  1. Donasi Kemanusiaan dan Bhakti Beasiswa.
  2. Launching Mars IKA UB.
  3. Alumni Award kepada 5 alumni berprestasi dan 1 lembaga dibawah IKA UB.
  4. Live music.

Hadir pula Menteri Koordinator PMK yang juga menjabat sebagai Ketua MWA UB, Prof.Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Menurutnya, kampus UB adalah ibu kandung kedua bagi alumni.

“Karena itu, bentuk dharma baktinya dengan cara terus berkarya dan berprestasi memberikan sumbangsih terbaik buat umat dan bangsa,” ucapnya.

Kelab Ngalam bertabur dengan Alumni Award yang diberikan kepada alumni yang berprestasi, turut membantu dalam pengembangan kampus UB, antara lain 1. Ir. Haru Koesmahargyo, MBA (Direktur Utama Bank BTN) : Kategori Profesional

  1. Ir. Mohammad Zaenal Fatah (Sekjen Kementrian PUPR) : Kategori Birokrat
  2. Dr. Al A’raf, SH, MT (Ketua Dewan Pendiri Centra Initiative) : Kategori Pejuang HAM dan Kemanusiaan
  3. Teguh Wahyudi, SP, MBA ( Owner & CEO Sariraya.Corp Jepang) : Kategori Wirausaha Muda
  4. Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M.Eng (Periset BRIN) : Kategori Akademisi, Peneliti & Inovator.

Tidak hanya itu, IKA UB juga memberi bantuan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi/yatim piatu dan berprestasi senilai Rp8 juta setiap tahun untuk 50 mahasiswa.

Acara Kelab Ngalam makin greget dengan dikumandangkan Mars IKA UB untuk pertama kalinya. Mars UB diciptakan Ahmad Erani Yustika dan Redy Eko Prasetyo. Mars IKA UB ini sebagai hadiah Lustrum ke XII UB yang jatuh tanggal 5 Januari 2023.

Kelab Ngalam makin semarak dengan hadirnya artis Dudy Oris, Duo Etnoholic, Jingga Band, PSM dan lainnya yang membawakan karya & lagu-lagu yang disukai kaum milenial. (Agus N)