Search
Close this search box.
13 Juni 2024

Berjalan Sukses, Bintang Putra Sidoarjo Juarai Bareng Cup IV U-13

Reportasemalang
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menyerahkan trophy juara 1. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Tim sepak bola Bintang Putra Sidoarjo berhasil keluar sebagai juara turnamen Bareng Cup IV 2022 U-13. Setelah mengalahkan lawannya Elang Putih Batu di partai final yang digelar di Stadion luar Gajayana, Minggu (16/10/2022).

Sementara posisi juara ke tiga dan ke empat ditempati tim Messada Turen dan Putra Dewa Malang. Trophy dan hadiah diserahkan langsung Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

Dalam sambutannya, Sofyan Edi berharap turnamen semacam Bareng Cup ini harus terus digalakkan dan kalau bisa sesering mungkin digelar. Karena semakin banyak turnamen usia dini, akan semakin bagus. Sehingga para pemain akan lebih semangat untuk berlatih.

Reportasemalang
Anggota DPRD Kota Malang F-PKB, Arief Wahyudi, menyerahkan penghargaan pemain terbaik. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Jadi untuk memotret bibit-bibit berbakat pemain usia dini itu ya harus diadakan turnamen. Apalagi ini sudah yang ke empat kalinya, maka ini sangat bagus,” tuturnya.

Kemudian bagi kelurahan-kelurahan yang mempunyai potensi lapangan yang layak untuk digunakan, laksanakan saja turnamen. Supaya tumbuh yang namanya bibit-bibit muda usia dini bagi pemain sepakbola.

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Bung Edi mengatakan, event olahraga juga bisa di kolaborasikan dengan UMKM. Agar ada juga perputaran ekonomi dalam gelaran event ini.

“Sehingga tanpa mengurangi dari esensi turnamen itu sendiri. ada nilai manfaat yang bisa diberikan,” tandasnya.

Lebih lanjut, warga asli Bareng sekaligus Anggota DPRD Kota Malang F-PKB, Arief Wahyudi, meminta agar pemerintah Kota Malang harus ikut andil di dalamnya. Karena ini adalah bagian dari masyarakat Kota Malang.

Apalagi animo dari klub bola sangat baik, maka pemerintah harus tampil di sini. Misalnya jangan sampai penggunaan stadion ini menyewa. Karena untuk sekarang, panitia masih harus membayar uang sewa untuk lapangan ini.

“Makanya kedepan harapan kami hal-hal seperti ini, pemerintah saja yang menanggung,” tuturnya.

Selain itu, Arief juga meminta agar Bareng Cup bisa menjadi ajang evaluasi bagi pembinaan Sepak bola di Kota Malang. Pasalnya, meskipun turnamen ini digelar di Kota Malang, tapi justru yang menjadi juara adalah tim dari luar Malang.

“Gelaran Bareng Cup IV ini bisa menjadi cerminan bahwa pembinaan Sepak Bola di Kota Malang itu lemah. Terbukti dengan diadakannya turnamen seperti ini, dimana pesertanya dari club club Kota Malang maupun luar Kota Malang justru yang menjadi juara club dari luar Kota Malang. Sehingga kami berharap kedepannya Kota Malang bisa tampil lebih baik lagi,” ucapnya.

Reportasemalang
Foto bersama Wakil Walikota Malang bersama panitia pelaksana Bareng Cup. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Namun demikian yang patut di apresiasi adalah kinerja dari segenap panitia yang mampu dan sukses dalam penyelenggaraan event ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Malang, Suryadi SPd MM menyampaikan, turnamen Bareng Cup ini merupakan kegiatan dari teman-teman Karang Taruna. Dalam rangka menggali bibit-bibit unggulan yang menjadi potensi untuk keolahragaan di Kota malang.

“Meskipun turnamen ini sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi. Tapi hari ini saya lihat optimisme yang dilakukan oleh teman-teman Alhamdulillah bisa terwujud dan berjalan dengan lancar,” paparnya.

Dimana tujuannya adalah tidak lepas bagaimana menggali potensi anak-anak muda di bidang keolahragaan.

“Tentu kami sangat mendukung sekali dan mengapresiasi atas nama ketua Karang Taruna Kota Malang. Dalam rangka menggali potensi-potensi anak muda yang ada di di Bareng,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Suryadi, kegiatan ini merupakan salah satu cerminan dan salah satu contoh kegiatan yang bisa diadobsi oleh kelurahan lainnya. Sekalipun beberapa program memang di setiap kelurahan berbeda-beda sesuai dengan potensinya masing-masing.

“Jadi memang tidak semua harus diseragamkan, tetapi disesuaikan dengan potensi-potensi dari masing-masing wilayah,” sebutnya.

Lurah Bareng, Sulistyo, mengaku sangat bersyukur kegiatan Bareng Cup bisa berjalan dengan lancar dan bisa berkolaborasi dengan lembaga-lembaga lain termasuk juga dengan para pelaku UMKM.

“Tentunya kedepan ada evaluasi, salah satunya mungkin kemasannya agar bisa lebih menarik lagi dan semarak,” katanya.

Kedepan, pihakannya bersama panitia juga akan menata ulang terkait dengan sponsor apa yang selama ini belum benar-benar dipikirkan. Supaya event ini bisa lebih bergengsi.

“Kami juga berharap dukungan dari semua pihak, terutama Disporapar Kota Malang,” pungkasnya. (Agus N)