Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Tingkatkan Internasionalisasi, IKIP Budi Utomo Kuatkan Kerjasama dengan Moscow City University Russia

Reportasemalang
Rektor IKIP Budi Utomo dan Vice Rektor Moscow City University Russia, Prof Elchin Gashimov PhD. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, IKIP Budi Utomo (IBU) kembali menjalin kerjasama internasional yakni dengan Moscow City University Russia. Kerjasama ini merupakan wujud penguatan program internasionalisasi sekaligus implementasi program kampus merdeka.

Hal ini ditandai dengan penandatangan MoU oleh Rektor IKIP Budi Utomo, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko MSi dan Vice Rektor Moscow City University Russia, Prof Elchin Gashimov PhD.

Rektor IKIP Budi Utomo, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko MSi mengatakan, kerjasama dengan Moscow City University Russia merupakan sesuatu yang sangat besar nilai manfaatnya. Karena bukan hanya sekedar kerjasama.

Reportasemalang
Rektor IKIP Budi Utomo, Assoc Prof Dr Nurcholis Sunuyeko M.Si. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Tetapi pihak Moscow City University juga menawarkan berbagai hal. Mulai dari penelitian sampai dengan pertukaran dosen dan mahasiswa,” ujarnya usai melakukan penandatangan MoU di Kampus C IKIP Budi Utomo Malang, Kamis (2/2/2023).

Kerjasama ini menurut Nurcholis, membuktikan bahwa IKIP Budi Utomo juga memiliki daya tarik bagi kampus di luar negeri.

“Dari situ terbukti bahwa IKIP Budi Utomo dalam hal tertentu bukan hanya diminati oleh anak-anak bangsa, tapi juga diminati internasional. Termasuk Russia,” ucapnya.

Tidak kalah penting, lanjut Nurcholis, perwakilan dari Moscow City University, Prof Elchin Gashimov PhD. menyatakan kesediaanya menjadi reviewer jurnal ilmiah dari para dosen IKIP Budi Utomo.

“Jadi para dosen itu nanti bisa lebih maju lagi. Karena memang salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat itu adalah diakui jurnal internasional,” sebutnya.

Lebih lanjut, Rektor yang dikenal inovatif ini juga mengakui, jika dirinya diundang menghadiri Global Summit. Dimana Rektor dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia bahkan mancanegara diharapkan hadir di acara tersebut.

Sementara itu Vice Rektor Moscow City University Russia, Prof Elchin Gashimov PhD. menjelaskan, tujuannya datang ke Indonesia adalah untuk melanjutkan kerjasama yang sudah dilaksanakan dengan IKIP Budi Utomo Malang pada 2019.

Harapannya adalah ada program-program yang bisa dikerjasamakan baik itu pertukaran, penelitian dan semacamnya.

“Oleh karena itu kami hadir langsung sebagai wakil pimpinan dari Moscow City University Russia untuk mengundang Rektor IKIP Budi Utomo Malang menjadi bagian dari perubahan-perubahan pendidikan di dunia,” ujarnya.

Pasalnya IKIP Budi Utomo merupakan kampus yang berkonsentrasi pada bidang pendidikan. dan semangat ini sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan di Rusia dalam rangka peningkatan mutu guru.

“Selain itu karena IKIP Budi Utomo juga memiliki mahasiswa internasional dari beberapa negara. Sehingga sangat mungkin ke depan untuk bisa kerjasama antara Indonesia dengan Rusia. Khususnya dalam bidang pendidikan,” pungkasnya. (Agus N)