Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Permainan Revolusioner Sebagai Inovasi Tim YOLS TRAPOLY UNM Berhasil Membuat Perubahan Positif di Kalangan Remaja Kota Makassar

Reportasemalang
Tim Yos Trapoly bermain bersama siswa siswi SMAN 8 Makassar. (Foro: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangNasional, Di tengah tantangan kesehatan mental yang semakin mendesak di kalangan remaja Makassar, sebuah inovasi terbaru telah muncul, mengubah cara kita berbicara tentang gangguan kesehatan mental.

Tim Yols Trapoly (Youth Wellness Trapoly) dari Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menciptakan permainan yang unik bernama “Trapoly,” yang tidak hanya menghibur, tetapi juga membantu mengurangi tingkat gangguan kesehatan mental remaja di Kota Makassar.

Tim Yols Trapoly terdiri dari sekelompok mahasiswa yang diketuai oleh Yusfitasari dan dibimbing langsung oleh Irwan sebagai salah satu Dosen Matematika di UNM. Mereka merasa tergerak oleh angka yang mengkhawatirkan terkait gangguan kesehatan mental di kalangan remaja Makassar.

Reportasemalang
Tim Yos Trapoly bersama siswa SMAN 2 Makassar. (Foto: Ist/reportasemalang)

Yusfitasari menjelaskan, “Kami ingin menciptakan sesuatu yang bisa membantu remaja merasa lebih nyaman dan terbuka tentang perasaan mereka serta mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan gangguan kesehatan mental remaja di Kota Makassar menggunakan analisis faktor konfirmatori”. Trapoly ini sendiri adalah kombinasi permainan antara Truth or Dare dan Monopoly.

Lalu bagaimana permainan seperti ini dapat mengurangi tingkat gangguan kesehatan mental remaja? “Sederhananya permainan ini memungkinkan pemain untuk menjawab pertanyaan secara jujur atau menerima tantangan yang menguji keterampilan mereka. Melalui keterbukaan, refleksi dan keterlibatan pemain dalam prosesnya, permainan ini bukan hanya sekadar sekumpulan aturan, tetapi sebagai media untuk mengeksplorasi perasaan, pemikiran dan kekhawatiran.

Sehingga remaja dapat belajar untuk lebih memahami diri mereka sendiri dan teman-teman mereka,” jawab Yusfitasari. Permainan ini telah diperkenalkan ke sejumlah sekolah di Makassar. Para siswa yang berpartisipasi dalam permainan Trapoly melaporkan adanya perbedaan yang mereka rasakan sebelum dan setelah bermain. Ilham Saputra seorang siswa di SMAN 8 Makassar, mengatakan, “Saya merasa lebih percaya diri setelah bermain Trapoly. Saya tahu bahwa saya bisa mengatasi tantangan apa pun”.

Berdasarkan riset Tim Yols Trapoly menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam tingkat depresi, kecemasan dan stres di kalangan remaja yang berpartisipasi dalam permainan ini. Sehingga Trapoly bukan hanya sekadar permainan, tetapi juga alat yang efektif dalam mendukung kesehatan mental remaja.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), inovasi Yols Trapoly mendapatkan berbagai dukungan dan bantuan termasuk dari Kemendikbudristek yang diharapkan dapat mengintegrasikan permainan ini dalam program pendidikan, sehingga dampaknya dapat diperluas dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan komunitas remaja.

Anda juga dapat mendukung inisiatif ini atau mengetahui lebih lanjut tentang Trapoly dengan mengunjungi akun media sosial seperti Instagram (@trapoly_pkmrsh2023), TikTok (trapoly.pkm_rsh) dan Youtube (Trapoly PKM-RSH 2023) untuk mendapatkan informasi terbaru. (Andi)