Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Pemkot Malang Dorong Peran Aktif Ormas Bagi Masyarakat dan Pemerintah

Reportasemalang
Pemberdayaan Organisasi Masyarakat. (Foto: Ist)

Bagikan :

Reportasemalang – Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang menggelar acara pemberdayaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dengan tema “Peran Strategis Ormas dalam Pembangunan”.

Bertempat di Hotel Trio Indah 2, Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 1-3, Kelurahan Oro Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (21/2/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Dr.Ir.Wahyu Hidayat MM dalam sambutannya berharap agar Ormas dapat berperan penting dalam menghadirkan solusi bagi permasalahan masyarakat dan pemerintah.

Termasuk dapat meningkatkan partisipasi, keberdayaan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dapat menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan, melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

“Kemudian ormas juga dapat mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong, dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Pada akhirnya dapat memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, peran ormas perlu terus dikembangkan,” jelas Wahyu.

Reportasemalang
Pj Wali Kota Malang bersama Kepala Bakesbangpol dan Dandim 0833/Kota Malang. (Foto:Ist)

Masyarakat juga dapat mengawasi dan terlibat dalam kebijakan serta program pembangunan demi kepentingan publik.

“Disamping itu dapat juga memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial bahkan mengenai berbagai kepentingan yang terjadi di antara kelompok masyarakat sehingga dapat meminimalisir potensi konflik sosial,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Dra.Rinawati, MM menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi dan peran ormas dalam pembangunan di Kota Malang.

“Saat ini, sebanyak 164 ormas sudah tidak aktif atau SKT-nya mati, tapi bukan berarti mereka tidak punya aktivitas sama sekali. Ormas yang tercatat memiliki AHU Kemenkumham sebanyak 124 ormas. Sedangkan yang memiliki SKT sebanyak 24 ormas,” jelas Rina.

Sementara itu dalam presentasinya, Letkol Arm Aris Gunawan menyampaikan, organisasi masyarakat memiliki potensi besar sebagai agen perubahan sosial. Kerja sama yang baik antara Ormas dan pemerintah dapat mempercepat proses pembangunan di berbagai sektor.

“Kami dari TNI khususnya Kodim 0833/Kota Malang siap mendukung inisiatif yang konstruktif demi kemajuan bersama. Ormas bisa berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan. Berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” pungkasnya.