Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Lantik Pejabat Baru, Rektor ITN Malang Tekankan Program Kerja Prioritas

Pengambilan Sumpah pada Pelantikan Direktur dan Sekretaris Program Pascasarjana, Dekan FTI serta Dekan dan Wakil Dekan FTSP ITN Malang. (Foto: Ist/reportasemalang)
Pengambilan Sumpah pada Pelantikan Direktur dan Sekretaris Program Pascasarjana, Dekan FTI serta Dekan dan Wakil Dekan FTSP ITN Malang. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang resmi melantik sejumlah pejabat baru periode 2023-2027. Mulai dari Direktur dan Sekretaris Program Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik Industri (FTI) serta Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Senin (1/8/2023).

Dalam sambutannya, Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto ST MT PhD mengatakan, di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat, persaingan yang dihadapi lulusan perguruan tinggi juga semakin kompleks. Dimana mereka dituntut tidak hanya memiliki kemampuan dan kompetensi di bidang ilmu pengetahuan saja.

Tetapi juga harus memiliki kemampuan soft skill yang tidak bisa ditawar lagi untuk bisa bersaing. Seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan tim, berbahasa asing serta memiliki kreatifivitas serta critical thinking.

“Karena itu seluruh civitas akademika harus mau terus belajar dan mengembangkan diri. ITN Malang harus menjadi perguruan tinggi yang bereputasi yang mampu melaksanakan Tridharma perguruan tinggi meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujarnya di Aula Kampus 1 ITN Malang.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Kontrak Kerja Periode 2023-2027. (Foto: Ist/reportasemalang)
Penandatanganan Pakta Integritas dan Kontrak Kerja Periode 2023-2027. (Foto: Ist/reportasemalang)

Lebih lanjut Awan menekankan beberapa program kerja yang menjadi prioritas ITN Malang saat ini. Diantaranya meningkatkan capaian penerimaan mahasiswa baru dengan membangun kemitraan dengan SMU/SMK di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kompetensi siswa dan guru.

“Saat ini, kita juga telah menyusun RKAT tahun 2023/2024. Sehingga kami mengharapkan kerja sama dari Bapak dan Ibu sekalian dalam mendorong Prodi agar bisa menyelesaikan RKAT ini tepat pada waktunya. Karena target kita, minggu ketiga Agustus, sudah masuk tahap finalisasi RKAT,” ungkapnya.

Berikutnya, di bidang tata kelola, ITN Malang akan bekerja keras dalam meningkatkan akreditasi, baik di tingkat Program Studi dan Institus. Sehingga pada tahun 2025 ITN Malang dapat meraih akreditasi unggul di tingkat institusi serta program studi.

“Selain itu, transformasi digital di bidang pelayanan akan terus kita dorong untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa,” ucap Awan.

Menurut Awan, ada dua kata kunnci yang harus senantiasa diingat, yakni “Inovasi dan Kompetensi”. Hal ini sangat penting dalam menetapkan corporate atau institutional value.

“Sehingga lulusan ITN Malang akan dikenal memiliki inovasi dan kompetensi khas atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh lulusan PT lain,” tuturnya.

Prioritas program kerja selanjutnya adalah menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri, industri, pemerintah daerah dan masyarakat akan terus ditingkatkan. Sehingga Link and Match dengan dunia industri akan semakin diintensifkan, salah satunya melalui jaringan alumni yang sangat kuat. Hal ini sangat penting agar lulusan ITN Malang nantinya mampu memenuhi tuntutan dunia kerja.

“Terakhir,kami juga akan bekerja keras dalam mewujudkan transformasi ITN Malang menjadi universitas. Dengan pengembangan prodi baru serta fakultas baru yang saat ini dibutuhkan masyarakat,” tandasnya.

Awan juga menyampaikan, dengan berbagai tantangan serta perubahan yang sangat dinamis, kitas semua harus berkomitmen untuk memajukan ITN Malang menjadi perguruan tinggi yang bereputasi.

“Saya yakin, dengan kerja keras semua pihak serta komunikasi yang baik antara P2PUTN, pimpinan, dosen dan karyawan. Visi seluruh civitas akademika ITN Malang dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi terapan dan seni dapat terwujud,” tuturnya.

“Selamat menjalankan tugas untuk pejabat yang baru, semoga dapat melaksanakan Amanah dan tanggung jawab yang diberikan,” pungkasnya.

Sementara itu, adapun pejabat baru yang dilantik diantaranya, Direktur Program Pascasarjana, diamanahkan lagi ke Prof Dr Ir Lalu Mulyadi MT. Sedangkan Sekretaris Pascasarjana, dijabat Dr Dimas Indra Laksmana ST MT.

Di Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITN, jabatan Dekan kini diemban Dr Eng I Komang Somawirata ST MT, Wakil Dekan 1 Dr. Irrine Budi Sulistiawati ST MT. Untuk posisi Wakil Dekan 2 dipegang Suryo Adi Wibowo ST MT dan Wakil Dekan 3 FTI dijabat oleh Drs Sumanto MSi.

Demikian pula di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITN. Dekannya saat ini diemban oleh Dr Debby Budi Susanti ST MT. Untuk posisi Wakil Dekan 1 FTSP, dialihkan ke Silvester Sari Sai ST MT, sedang Wakil Dekan 2 FTSP diamanahkan ke Ir Munasih MT. Wakil Dekan 3 FTSP untuk lima tahun kedepan diamanahkan ke Ida Soewarni ST MT.