Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Gelar Wisuda ke-70, ITN Malang Konsisten Cetak SDM Berkualitas

Prosesi wisuda ITN Malang ke-70. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar prosesi Wisuda ke-70. Dengan meluluskan 740 wisudawan dan wisudawati dari program Diploma III, Sarjana dan Magister. Jumlah ini merupakan lulusan terbanyak selama lima tahun terakhir.

Bertempat di Kampus 2 ITN Malang, gelaran wisuda ITN Malang ini juga dihadiri Pj. Wali Kota Malang, Ir. Wahyu Hidayat yang juga merupakan alumni ITN Malang, Sabtu (14/10/2023).

Dalam sambutanya, Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto, ST., MT., PhD mengatakan, ITN Malang menjadi kampus yang secara konsisten mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkomitmen dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurutnya, upaya peningkatan kualitas SDM, dalam hal ini para mahasiswa, dilakukan melalui proses pembelajaran yang menyeluruh, meliputi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembentukan karakter.

“Character building di ITN Malang dilakukan dengan memberi wawasan dan melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan non-akademik. Antara lain dalam peribadahan, kewirausahaan, manajerial dan kepemimpinan,” ujarnya.

Pj. Wali Kota Malang, memberikan sambutan. (Foto: Ist/reportasemalang)

Dengan konsep pembelajaran multi media, dipadukan dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), lulusan ITN Malang memiliki pengalaman dan kompetensi yang tidak saja mampu bersaing di dunia kerja. Tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Disampaikan Rektor, lingkungan belajar dan atmosfir akademik di ITN Malang sangat kondusif. Dalam menyiapkan lulusan yang siap kerja serta berjiwa enterpreneur, mampu melihat peluang, kreatif, adaptif serta resilient terhadap tantangan.

“ITN Malang juga terus mengembangkan inovasi di bidang penelitian dan teknologi melalui Pusat Penelitian dan Inovasi (Research and Innovation Centre). Hasil-hasil penelitian dan inovasi dosen dan mahasiswa tidak hanya berhenti dalam bentuk buku, HKI maupun artikel ilmiah tetapi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang siap untuk komersialisasi serta diimpelentasikan di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Malang, Ir. Wahyu Hidayat berpesan kepada para wisudawan untuk meningkatkan kapabilitas seperti kreativitas dan inovasi, agar bisa bersaing dalam dunia industri.

“Efek meningkatnya daya saing antar bangsa, segala sektor seperti arus perdagangan barang dan jasa, investasi secara nasional. Serta kreativitas, maupun kemajuan teknologi mengharuskan kita memiliki aset dan bekal dalam mengahadapi persaingan semakin ketat,” ujarnya.

Menurutnya, dengan memiliki sumber daya yang profesional dapat memiliki kapasitas untuk bersaing. Selain itu, spesifikasi keilmuan juga perlu dikembangkan dan harus dipelajari lebih mendalami lagi.

“Karena itu, kepada adik wisudawan dan wisudawati lulusan ini bukan purna tugas dalam belajar. Namun, spesifikasi ilmu harus dikembangkan dan diterapkan lebih baik lagi,” pungkasnya.