Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Fun Walk Meriahkan Hari Jadi ke-72 P2PUTN

Para peserta jalan sehat hari jadi ke-72 P2PUTN. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Para peserta jalan sehat hari jadi ke-72 P2PUTN. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Memperingati hari jadi ke-72 tahun, Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) menggelar jalan sehat atau Fun Walk. Dengan mengusung tema “Karakter kuat, raga sehat, generasi hebat”, kegiatan yang dipusatkan di Kampus 2 ITN Malang ini, diikuti ribuan peserta, Minggu (30/7/2023).

Ketua P2PUTN, Ir Kartiko Ardi Widodo MT menyampaikan, sesuai dengan tema yang diangkat. Jalan sehat kali ini, tidak hanya bertujuan untuk menyehatkan raga, tetapi juga menguatkan karakter untuk melahirkan generasi yang hebat.

“Sehingga generasi muda sekarang harus mampu berpikir bagaimana Bangsa Indonesia menjadi kuat,” ujarnya.

Ketua P2PUTN, Ir Kartiko Ardi Widodo MT mengikuti jalan sehat. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Ketua P2PUTN, Ir Kartiko Ardi Widodo MT mengikuti jalan sehat. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Apalagi tantangan ke depan sangat luar biasa. Sehingga konsep bangsa yang besar harus Benar-benar mencintaimu tak dipegang agar tidak mudah dicekoki oleh berbagai unsur dari luar.

“Karena itu jangan mudah dipengaruhi. Kedepan ayo bersinergi membangun Indonesia,” tuturnya.

Menempuh jarak 3 kilometer, jalan sehat ini diikuti sekitar 2.000 peserta. Yang terdiri dari gabungan lembaga di bawah naungan P2PUTN, yakni SMA Nasional Malang 300 orang, SMK Nasional Malang 350 orang, SMP Nasional Malang 60 orang, ITN Malang 1.500 orang dan masyarakat sekitar Tasikmadu.

Dengan rute mulai dari garis start gate luar ITN Malang, menuju Jalan Raya Perusahaan, Jalan Atletik, Jalan Golf, dan kembali finish di lapangan Basket Kampus 2 ITN Malang. Selain dihibur band musik, senam bersama, peserta berkesempatan merebut hadiah undian total Rp30 juta dengan hadiah utama sepedah listrik.

Ketua P2PUTN, Ir Kartiko Ardi Widodo mendapat kejutan kue ulang tahun. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Ketua P2PUTN, Ir Kartiko Ardi Widodo mendapat kejutan kue ulang tahun. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Lebih lanjut dikatakan Kartiko, ada banyak sivitas akademika di bawah naungan P2PUTN yang telah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan di tanah air. Ada karakter nasionalisme yang kuat dan telah disematkan pada nama lembaga Nasional.

“Sehingga tidak lagi terkotak-kotak lembaga di bawah P2PUTN, namun menjadi satu dalam visi misi pendidikan,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua P2PUTN, Ir Kartiko Ardi Widodo MT mendapatkan kejutan kue ulang tahun, lantaran merayakan hari ulang tahun hampir bersamaan. Dimana P2PUTN berdiri pada 17 Juli 1951, sementara Kartiko Ardi Widodo lahir pada 27 Juli 1968, atau kini berusia 55 tahun.

Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto ST MT PhD memberikan sambutan. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto ST MT PhD memberikan sambutan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Sementara itu, Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto ST MT PhD menyampaikan selamat ulang tahun ke-72 P2PUTN Malang. Dan berharap ke depan lembaga ini semakin berjaya dalam menaungi 4 lembaga yaitu ITN Malang, SMK, SMA dan SMP Nasional.

“Semoga kita kedepan bisa semakin bersinergi memajukan dan berkontribusi dalam pendidikan nasional. Terutama untuk kemajuan generasi muda di Indonesia,” ucapnya.

Sementara untuk ITN Malang sendiri, lanjut Awan, ditargetkan di tahun 2035 bisa menjadi World Class University. Dengan kata kunci inovasi dan kompetensi.

“Karena itu kami sedang giat-giatnya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan ITN Malang. Sehingga mereka bisa bersaing, baik itu di tingkat nasional maupun tingkat global,” sebutnya.

Sedangkan di sisi inovasi, ITN Malang juga senantiasa mendukung para dosen maupun mahasiswa untuk terus berkarya. Baik di bidang penelitian, pengabdian masyarakat maupun di bidang pengembangan ilmu pengetahuan.

“Jadi target kita di tahun 2035 ITN Malang akan menjadi World Class University,” pungkasnya.