Search
Close this search box.
17 Juli 2024

Berlangsung Heppiee, Coaching Clinic Futsal PJKR IBU Hadirkan Pelatih Berlisensi FIFA dan AFC

Reportasemalang
Penyerahan cinderamata mata Coaching Clinic Futsal. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) IKIP Budi Utomo menggelar Coaching Clinic Futsal “Basic Coaches and Referees”.

Coaching Clinic ditujukan untuk memeperdalam ilmu kepelatihan dan perwasitan. Khususnya dalam olahraga futsal bagi mahasiswa PJKR dengan integrasi teknologi berbasis digital.

Pelaksanaan Coaching Clinic berlangsung dengan meriah, heppiee dan penuh keakraban. Terlebih, coaching clinic dilatih langsung alumni PJKR IKIP Budi Utomo yang sudah berlisensi FIFA dan AFC.

Reportasemalang
Foto bersama mahasiswa PJKR IBU usai mengikuti Coaching Clinic Futsal. (Foto: Ist/reportasemalang)

Mereka adalah Ardhi Wahyudi, S.Pd, Alumni PJKR IBU, lisensi tingkat 2 AFC dan merupakan pelatih Putri Sumatera Selatan Pro Futsal League. Kemudian Ikwan Budi Laksnono, S.Pd, Alumi PJKR IBU, dan merupakan wasil Futsal dengan lisensi FIFA.

Materi coaching clinic yang diberikan mencakup teori dan praktik dalam olahraga futsal dengan pendekatan digital dan berbasis teknologi.

Kegiatan ini diinisiasi oleh dosen Rumpun Matakuliah Futsal yakni Hari Pamungkas, M.Pd;
Nidomuddin, M.Pd; Sudarsono, M.Pd; Winarno,M.Pd; Ahmad Ilham Habibi,M.Pd sebagai bentuk Ujian Akhir Semester (UAS)

Rektor IKIP Budi Utomo, Associate Prof. Dr. Nurcholis Sunyeko, M.Si
menyampaikan, perkembangan dunia olahraga saat ini cukup pesat. Khususnya yang terkait dengan
proses digitalisasi. Dimana World Cup Qatar 2022 telah mengintegrasikan teknologi terbaru di bola, lapangan maupun wasit.

Karena itu IKIP Budi Utomo juga telah mengintegrasikan teknologi dalam ilmu
perwasitan dan kepelatihan futsal.

“Alumni profesional kita datangkan untuk ini. Sehingga tidak heran jika mahasiswa IBU sudah melek digital sedari awal kuliah. Mau jadi pelatih, wasit dan apapun sudah bisa mengintegrasikan teknologi di bidangnya,” ujar Sam Rektor, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan (FPIEK) IKIP Budi Utomo, Dr. Dwi Purnomo, M.Pd menyampaikan, PJKR memiliki segudang mahasiswa dan alumni yang berprestasi.

“Jadi dalam ilmu kepelatihan, kita sudah sangat matang sekali. Karena para mahasiswa dan alumi terus kita dorong untuk mendapatkan lisensi dari badan resmi penyelenggara olahraga, baik itu FIFA atau AFC,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi PJKR Yulianto Dwi Saputro, M.Sc, menyampaikan, acara ini terilhami akan pentingnya pelatihan yang profesional.

“Futsal mungkin kelihatan mudah, tapi ilmu tentang kepelatihan dan perwasitan di futsal bukan hal sepele. Karenanya, para mahasiswa PJKR kita ajak heppiee bareng senior mereka dalam coaching clinic ini,” tandasnya.

Senada, Ketua Rumpun Mata Kuliah Futsal, M. Nidomuddin, M.Pd mengatakan, mahasiswa senang sekali dalam coaching ini. Terbukti, para mahasiswa dari pagi sudah sangat antusias
mengikuti pelatihan ini.

“Karena ratusan mahasiswa PJKR ini ingin mengikuti jejak kesuksesan para alumni. Sekaligus berkarir secara profesional bahkan sebelum lulus kuliah dari IBU,” tuturnya.

“Kegiatan semcam ini
kami berlakukan juga untuk matakuliah-matakuliah yang lain,” pungkasnya. (Agus N)