Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Universitas IBU Terapkan Riset Berbasis Inovasi dan Pengabdian Berbasis Potensi

Reportasemalang
Rektor Universitas IBU, Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si. (Foto: Ist)

Bagikan :

Reportasemalang – Selama dua pekan terakhir hingga akhir Februari 2024, Universitas Insan Budi Utomo (UIBU) menggodok mahasiswa tingkat akhir. Dengan memperkaya dan mempraktekkan pendekatan riset dan model pengabdian termutakhir dalam sebuah workshop Riset Berbasis Inovasi dan Pengabdian Berbasis Potensi.

Riset yang dipilih mahasiswa Universitas IBU didasarkan pada pengembangan teknologi terbaru yang berbasis konten (creative content based approach). Dengan menghasilkan konten-konten kreatif, bermanfaat, solutif dan menyenangkan.

Sebagai calon guru profesional, mahasiswa Universitas IBU diasah bukan hanya memahami perkembangan pembelajaran abad terkini, tetapi mampu menciptakan inovasi pembelajaran yang kreatif, nyaman dan membahagiakan.

Rektor Universitas IBU, Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si mengatakan, selain riset, model pengabdian di Universitas IBU sama sekali berbeda dengan pengabdian perguruan tinggi pada umumnya. Sejak sebelum berubah menjadi Universitas (dahulu IKIP Budi Utomo), Universitas IBU telah menyelenggarakan model pengabdian masyarakat berbasis potensi (PMBP).

Potensi yang dimaksud adalah segala peluang yang memiliki kemungkinan untuk ditingkatkan. Dalam konteks ini, potensi bisa sangat beragam, mulai potensi mahasiswa itu sendiri, sampai pada potensi dari masyarakat dan tempat terlaksananya pengabdian. Kegiatan PMBP dapat meliptui; pendampingan, bimbingan belajar, pelatihan, penyuluhan, menduduki jabatan di organisasi kemasyarakatan, hingga memberikan jasa.

“Semua apa yang kita lakukan menjadi pionir. Oleh karena itu, kita di Universitas IBU selalu berpikir tentang loncatan ke depan, karena perkembangan ilmu saat ini kalah dengan kecepatan kenyataan. Jadi kita ajarkan ke para mahasiswa cara-cara yang dapat melahirkan metodologi pembelajaran, metodologi penelitian yang inovatif,” jelasnya.

Karena menurut Nurcholis, kalau kita lempenglempeng saja, kenyataan saat ini selalui mendahului teori. Pun juga dengan konsep pengabdian kepada masyarakat atau yang isitilah umumnya disebut KKN.

Di Universitas IBU, kita kembangkan, bukan hanya sebatas Kuliah Kerja Nyata yang jadul, tapi Pengabdian Masyarakat Berbasis Potensi (PMB). Pontensi di sini penting sekali posisinya. Banyak kegiatan pengabdian hanya tulis-tulis di jalan, padahal bukan itu yang dibutuhkan masyarakat. Kecakapan melihat potensi, baik potensi diri maupun potensi masyarakat inilah yang digagas di Universitas IBU.

“Dengan demikian, kegiatan pengabdian spektrumnya luas dan memberikan dampak nyata,” tandasnya.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M), Dr. Titik Purwati, MM dan Kepala Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G) Dr. Endang Sumarti, M.Pd selaku pelaksana teknis dua kegiatan ini mengaku cukup efektif dari gagasan besar yang digagas rektor dan cvitas akademika.

“Perubahan yang cepat harus bisa diadaptasi sehingga kita di perguruan tinggi tidak ketiggalan perkembangan ilmu dan zaman,” pungkasnya.