Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Puncak AWMM UB, Creatopreneur Festival 2023 Pamerkan Ide Bisnis Mahasiswa

Expo Creatopreneur Festival 2023. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengikuti Expo Creatopreneur Festival 2023. Sebagai puncak rangkaian Program Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM) berkolaborasi dengan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB).

Bertajuk “Empowering Your Creativity” acara yang berlangsung selama dua hari Selasa-Rabu, (5-6/12/2023) di Samantha Krida UB ini memamerkan 190 tenant ide bisnis karya mahasiswa.

Expo Creatopreneur Festival berhasil menghasilkan 135 ide bisnis dari total 400 mahasiswa peserta program wirausaha merdeka yang berasal dari 48 perguruan tinggi. Menariknya, acara ini diorganize oleh mahasiswa dari kelas event management prodi kewirausahaan.

Foto bersama pembukaan Creatopreneur Festival 2023. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Dimana Mahasiswa kelas bisnis value creation laboratorium kewirausahaan dari departemen manajemen juga ikut mempresentasikan 58 ide bisnisnya.

Ketua Pelaksana AWMM 2023, Mohammad Iqbal, S.Sos, MIB, DBA menjelaskan, bahwa total tenant pada kegiatan ini berjumlah 190 tenant. Dengan sebaran ide bisnis pada bidang kuliner, fashion, kriya, Pendidikan dan edukasi, Kesehatan, Budidaya dan Teknologi Digital.

“Brawijaya harus punya peran sebagai katalis atau incher ketika berbicara pendidikan entrepreneurship. Entrepreneur dan inovasi menjadi bagian penting dari perkembangan UB dan pt pada umumnya,” jelasnya, Selasa (5/12/2023).

Lebih lanjut, sekretaris direktorat inovasi dan kawasan sains dan teknologi UB sebagai penyelenggara AWMM 2023, Sri Palupi Prabandari, SE., M.M., Ph.D, menjelaskan, bahwa proses pelaksanaan expo, diawali dengan tahap pre immersion kelas bersama praktisi dan pebisnis selama 4 minggu.

Kemudian masuk tahap immersion untuk mengajak mahasiswa terlibat langsung praktik pengelolaan bisnis di usaha yang dimiliki 80 mentor bisnis selama 4 minggu.

Rektor UB meninjau salah satu stan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Selanjutnya masuk tahap post immersion untuk mendorong dalam mengidentifikasi ide bisnis dan merealisasikannya berupa prototype, market pasar, dan bersiap untuk presentasi prototype dan bertemu calon investor. Kemudian mengikuti Expo Creatopreneur Festival 2023.

“Pada proses post immersion mahasiswa didampingi oleh 20 Coach yang telah punya sertifikasi kewirausahaan,” urai Palupi.

Sementara itu, Rektor UB, Prof. Widodo saat membuka acara menyampaikan, expo ini bagian penting dalam rangka menumbuhkan ekosistem dunia usaha dan industri di Indonesia. UB sebagai entrepreneur university perlu ada spirit wirausaha.

“Di dalam situ ada kemampuan kita membaca peluang dan spirit wirausaha. Apapun yang akan dijalani ke depan maka spirit enter menjadi bagian penting dalam mengembangkan diri. Ada kreativitas, inovasi, dan dapat mengambil hikmah dari berbagai permasalahan yang dihadapi itu jiwa entrepreneur,” tutur Rektor.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Unti Ludigdo, menyampaikan bahwa acara ini sebagai cara UB untuk merevitalisasi spirit sebagai entrepreneur. UB sangat konsen dalam pengembangan kewirausahaan bahkan dilakukan secara terus menerus kepada berbagai stakeholder.

“Inovasi dan hilirisasi itu didelegasikan kepada kawasan Direktorat Sains dan Inovasi. Ada pusat startup dan kewirausahaan untuk mengembangkan spirit kewirausahaan menjadi praktik di dalam mahasiswa dan civitas akademika,” tuturnya.

“Expo ini menjadi awal dari usaha yang dikembangkan oleh mahasiswa. Dari sini, diharapkan bisa lahir produk yang diinkubasi untuk dibesarkan skalanya,” pungkasnya.