Search
Close this search box.
14 Juni 2024

Kas Dan Laba Bank

Reportasemalang
Penulis : Retno Kinasih, Mahasiswa Jurusan Akuntansi - FEB UMM. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) menjelaskan bahwa pengertian kas adalah seluruh alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Sedangkan bank adalah sisa rekening giro perusahaan yang bisa digunakan oleh perusahaan secara bebas untuk membiaya kegiatan umumnya.

Pengertian kas secara umum adalah aktiva lancar yang meliputi uang kertas maupun logam serta benda-benda lain yang dapat digunakan sebagai alat tukar atau pembayaran yang sah. Kas juga harus dapat diambil atau dicairkan setiap saat.

Karakteristik kas

Kas adalah aset penting dalam perusahaan dan memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya unik.

  1. Miliki likuiditas yang sangat tinggi sehingga dapat dengan mudah berubah menjadi bentuk uang lainnya dalam waktu singkat.
  2. Nilainya tidak berubah kecuali terjadi perubahan dalam jumlah, yang berarti nilai hari ini akan memiliki nilai yang sama dengan besok, esok hari, atau beberapa waktu ke depan. 

Laba Bank

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) laba adalah defisini penghasilan meliputi pendapatan maupun keuntungan. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul selama dalam aktivitas normal entitas dan dikenal dengan bermacam-macam sebutan yang berbeda seperti penjualan, penghasilan jasa, bunga, deviden dan royalti.

Sedangkan dalam suatu perusahaan yang salah satunya adalah bank, tujuan utama dari proses kegiatan operasional bank adalah untuk memperoleh laba yang sangat tinggi. Laba diperoleh dari hasil aktivitas operasional bank yang salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan pembiayaan. Laba merupakan informasi yang paling diminati dalam pasar uang.

Jenis-jenis laba

Dalam akuntansi, laba diklasifikasikan menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut:

  1. Laba bersih (net income)

Laba bersih adalah laba yang dihasilkan setelah dikurangi biaya operasi, beban pajak, dan beban lainnya. Laba bersih merupakan jumlah total uang yang diterima perusahaan dari penjualan produk atau jasa selama periode tertentu.

Laba kotor adalah laba yang dihasilkan setelah dikurangi biaya operasi. Laba kotor merupakan jumlah total dari penjualan produk atau jasa selama periode tertentu. Ini adalah total pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan sebelum dikurangi biaya operasi.

Laba operasi adalah laba yang dihasilkan setelah dikurangi biaya operasi dan pengeluaran lainnya. Ini adalah jumlah pendapatan bersih yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai hasil dari operasi bisnis.

  • Laba bersih setelah pajak (net income after tax)

Laba bersih setelah pajak adalah jumlah total pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan setelah dikurangi biaya operasi dan pajak. Ini adalah jumlah yang disimpan setelah mengurangi pengeluaran pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah.

Manfaat laba

Laporan laba dalam akuntansi mempunyai manfaat, antara lain:

  1. Sebagai alat ukur kinerja manajemen
  2. Membedakan antara modal dan laba
  3. Memberikan informasi untuk memprediksi dividen
  4. Alat ukur keberhasilan manajemen dan dasar untuk mengambil keputusan
  5. Dasar penentuan besarnya pajak
  6. Sebagai tolak ukur dalam pembagian bonus dan kompensasi

Menentukan perkiraan laba di periode selanjutnya.