Search
Close this search box.
13 Juli 2024

Gelar Wisuda ke-43, UNITRI Hadirkan Anggota Dewan Pengarah BRIN

Prosesi wisuda UNITRI periode 43. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) kembali menggelar prosesi wisuda. Bertempat di GOR Unitri, sebanyak 440 wisudawan dan wisudawati mengikuti prosesi wisuda periode 43 tahun 2023. Dengan menghadirkan Anggota Dewan Pengarah BRIN, Sabtu (25/11/2023).

Dalam sambutannya, Rektor UNITRI, Prof. Ir. Eko Handayanto, M.Sc., PhD menyampaikan sekaligus mengingatkan bahwa wisuda bukan purna tugas yang mengharuskan untuk berhenti belajar. Tetapi sebaliknya, sebagai langkah awal bagi para lulusan UNITRI untuk ikut membantu dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang semakin komplek ke depan.

“Sebagai lulusan UNITRI, anda diharapkan menjadi “problem solver” di tengah-tengah masyarakat. Sehingga lulusan Unitri harus berada di garis depan dalam memberikan solusi,” ujarnya.

Anggota Dewan Pengarah BRIN menyampaikan orasi ilmiah. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Selain itu, Rektor juga mengatakan bahwa mahasiswa yang telah lulus dari kampus otomatis akan menjadi anggota Ikatan Alumni Universitas Tribhuwana Tunggadewi (IKABHUWANA). Yang merupakan kelompok orang-orang cerdas dan berkarakter.

Lebih lanjut disampaikan Rekto, dalam 22 tahun terakhir ini Unitri telah berkontribusi terhadap keberhasilan bangsa. Melalui karir dan pengabdian yang luar biasa, baik dalam pekerjaan maupun dalam masyarakat.

“Sebagai Alumni UNITRI, harus membuktikan ke masyarakat bahwa pendidikan tinggi bukan hanya tentang gelar, tetapi tentang perkembangan karakter dan kontribusi positif para alumni kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, ketua pelaksana wisuda, Pramono Sasongko, S.TP., M.P., M.Sc, mengatakan, berbeda dengan periode sebelumnya. Dalam wisuda kali ini menghadirkan Anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr.Ir. Marsudi Wahyu Kisworo untuk memberikan orasi Ilmiah.

“Diharapkan, orasi ilmiah tersebut dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi mahasiswa pada umumnya. Maupun dosen pada khususnya di bidang Pengajaran, Penelitian hingga Pengabdian Kepada Masyarakat,” tuturnya.

Pramono menjelaskan, dalam setahun UNITRI bisa menggelar beberapa kali wisuda. Asalkan kuotanya terpenuhi, prosesi wisuda akan dilaksanakan.

Karena ini berpengaruh pada kecepatan mahasiswa untuk bisa mendapatkan kerja. Kalau dibatasi setahun berapa kali wisuda, kasihan mereka.

“Untuk kuota wisuda 400 orang. Tapi untuk wisuda periode 43 kali ini, memang kita tambahkan 40 orang, jadi total 440. Namun untuk wisuda berikutnya kuotanya kembali ke 400 orang. Karena jumlah ini yang paling ideal, disesuaikan dengan tempat gelaran wisuda,” ungkapnya.

Dengan tambahan 440 wisudawan, sampai saat ini UNITRI telah meluluskan 15.525 Sarjana dan Magister.