Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Edukasi Budaya Melalui Rangkaian Event oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Reportasemalang
Tim Estelle Crew

Bagikan :

Reportasemalang – Budaya merupakan sebuah cerminan identitas dari suatu bangsa. Melalui budaya, didapatkan pemahaman mengenai nilai-nilai, tradisi, dan sejarah yang dapat membentuk karakter dari suatu masyarakat. Situs Patirtaan Ngawonggo menjadi salah satu bentuk kekayaan sebuah budaya dan menjadi sebuah tempat untuk menambah wawasan mendalam mengenai warisan budaya lokal.

Pada Minggu, 19 Mei 2024, salah satu kelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu Estelle Crew yang saat ini sedang menjalankan praktikum 3 yaitu Manajemen Event, telah melakukan presentasi pitching dalam rangka memaparkan hasil rancangan event yang berkolaborasi dengan salah satu wisata edukasi budaya yaitu Situs Patirtaan Ngawonggo yang berada di Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Pada presentasi tersebut juga dihadiri oleh dosen Ilmu Komunikasi yaitu Bapak Jamroji, S.Sos., M.Comms, Ibu Widya Yutanti, S.Sos., M.A, dan Ibu Rahmania Santoso., M.I.Kom, serta pengelola dari Situs Patirtaan Ngawonggo, Rahmad Yasin atau yang kerap disapa dengan Cak Yasin. Kegiatan pitching tersebut bertempat pada Bale Antuk-antuk (tempat oleh-oleh) dengan suasana kesederhanaan.

Kelompok Estelle Crew pada kesempatan tersebut mempresentasikan ide-ide yang telah dirancang untuk program acara Situs Patirtaan Ngawonggo yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang meliputi pra event, main event, dan pasca event yang telah disesuaikan dengan kebutuhan acara yang akan diadakan.

Dari rangkaian kegiatan pra event yang diberi nama Sinau Sareng Jajanan Tradisional, main event yang diberi nama Nguri-nguri Budaya Ngawonggo, dan pasca event yang diberi nama Plesir Ing Ngawonggo, saling memiliki satu kesatuan yang bertujuan untuk bisa lebih memperkenalkan dan mempertahankan budaya lokal agar tidak semakin terkikis oleh perkembangan zaman serta memperkuat prinsip asah, asih, dan asuh yang diterapkan oleh Situs Patirtaan Ngawonggo.

Kolaborasi yang dilakukan antara Estelle Crew dan Situs Patirtaan Ngawonggo mendapat respon baik dari para pengelola terutama Cak Yasin yang sangat menghargai ide-ide yang telah dipaparkan.

“Saya tentunya senang sekali akan adanya para mahasiswa dari UMM yang telah memberikan ide-ide rancangan untuk event yang nanti akan diselenggarakan di Situs Patirtaan Ngawonggo karena saya juga sambil belajar dan semakin menambah pengetahuan yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh saya. Semoga hasil kerja keras teman-teman bisa membawa manfaat yang baik untuk kita semua,” ucap Cak Yasin.

Adanya kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan mendatangkan banyak manfaat pada kedua belah pihak antara mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Situs Patirtaan Ngawonggo serta dapat memberikan pengalaman edukatif bagi para audience. (EC)