Search
Close this search box.
12 Juli 2024

Wasbang, Ketua DPRD Kota Malang Tekankan Fungsi Legislatif Wujudkan Aspirasi Rakyat

Bagikan :

Reportasemalang – Dalam rangka peningkatan wawasan kebangsaan dalam mewujudkan Kota Malang yang aman, tertib dan rukun di Kecamatan Sukun, Pemerintah Kota Malang melalui Bakesbangpol menyelenggarakan Dialog Kebangsaan bertempat di Hotel Tychi Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang pada, Selasa (14/11/2023).

Pada hari ke Dua Dialog Kebangsaan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Staff Ahli Bidang Hukum Pemkot Malang, Tabrani, Lurah Tanjungrejo Abdul Aziz, Ketua PKK Kecamatan Sukun, Tri Muriati, Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kecamatan Sukun, Forum Kelurahan Sehat, Kelurahan Siaga, Karang Werda, Puskesos dan Kader Posyandu se Kecamatan Sukun.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, hadir sebagai narasumber, menyampaikan materinya terkait fungsi legeslatif guna mewujudkan aspirasi rakyat dalam keterwakilan di parlemen (DPRD).

“Ada tiga fungsi dewan, meliputi bidang anggaran, bidang pembuatan peraturan atau perundang-undangan. Dan bidang pengawasan,” terang Made.

Made menambahkan bahwa adanya beberapa program dari pemerintah daerah, antara lain program BPJS PBI (penerima bantuan iuran), yang diambil dari anggaran APBD.

“Salah satu belanja kita namanya Pokir (Pokok Pikiran) yang ada di 3 pintu anggaran; pertama lewat usulan dinas, lewat musrenbang dan lewat Pokir DPRD.Urusan kebutuhan primer skala prioriotas yang dikuatkan oleh perwakilan dewan, disamping kebutuhan sekunder,” pungkas Made.