Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Usung Tema ‘Pertanian Presisi Asa Keberlanjutan Pangan’ FP Unitri Kembali Gelar Lomba Inotek

Reportasemalang
Salah satu jenis lomba, rancang bangun taman dan teknik perbanyakan tanaman presisi. (Foto: Ist)

Bagikan :

Reportasemalang – Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi (FP Unitri) kembali menggelar Lomba Inovasi dan Teknologi (Inotek). Mengusung tema ‘Pertanian Presisi Asa Keberlanjutan Pangan’, Inotek ke-3 ini diikuti puluhan siswa siswi SMA dan SMK.

Wakil Rektor III Unitri, Dr. Erwin Ismu Wisnubroto, SP., M.Phil (Sc), menjelaskan Lomba Inotek ini merupakan ajang tahunan dari Fakultas Pertanian Unitri. Dimana tema yang diangkat juga terus berkembang mengikuti tantangan-tantangan yang dihadapi di dua pertanian saat ini.

“Kami mengapresiasi para mitra SMA maupun SMK yang sudah rutin mengikuti lomba Inotek ini. Yang juga bisa menjadi ajang memperluas kerjasama tidak hanya terkait lomba maupun terkait kerjasama antar institusi. Tapi juga ada yang dapat Unitri bantu kepada para siswa maupun SMA dan SMK,” jelasnya.

Menurut Erwin, Unitri siap membantu pencapaian kompetensi dari siswa siswi SMA dan SMK, Karena Unitri sendiri memiliki sertifikat kompetensi untuk beberapa keahlian yang memang juga dibutuhkan tingkat SMA dan SMK.

“Selain kompetensi, kami juga berharap Unitri mampu berperan di dalam transformasi pendidikan di tingkat SMA dan SMK. Terkait pengembangan kurikulum, bahan ajar maupun juga teknologi pengajaran,” jelasnya.

Reportasemalang
Wakil Rektor III Unitri, Dr. Erwin Ismu Wisnubroto, SP., M.Phil (Sc). (Foto: Agus N/reportasemalang)

Sebagai informasi, dalam Lomba Inotek 2024 kali ini melombakan enam (6) tangkai lomba yakni Ide inovasi dan teknologi pertanian presisi dalam karya tulis, inovasi dan teknologi budidaya ternak presisi, rancang bangun taman dan teknik perbanyakan tenaman presisi, Agropreneur muda berbasis inovasi digital dan presisi, Lomba fotografi, Lomba tiktok.

Erwin menyebutkan, lomba karya tulis menjadi salah satu lomba baru yang dilombakan pada 2024 ini. Untuk meningkatkan kreativitas dan pemikiran kritis dari generasi muda, terutama terkait bidang pertanian.

“Karena pemikiran kritis harus di mulai dari anak-anak muda. Utamanya dari siswa siswi SMA. Harapannya pemikiran kritis ini bisa diteruskan sampai dengan perkuliahan,” tuturnya.

Terkait hadiah yang diberikan, Unitri tidak hanya memberikan trophy maupun uang pembinaan. Tetapi juga hadiah berupa beasiswa.

“Kami memberikan beasiswa bagi peserta yang menjadi pemenang dalam kategori lomba. Beasiswa untuk bisa masuk ke Unitri dan beasiswa ini full kami berikan bebas SPP selama 4 tahun,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hariadi Darmawan menyampaikan bahwa agenda rutin Inotek ini sebagai upaya memberikan apresiasi kepada ide-ide inovasi serta teknologi. Yang dikembangkan oleh para siswa siswi serta guru di lingkup SMA dan SMK. Yang harapannya nanti ide-ide tersebut bisa dikembangkan lebih lanjut.

“Kami dari Fakultas Pertanian Unitri siap mengembangkan ide-ide tersebut. Sesuai dengan kaitannya dengan tema kali ini yaitu melanjutkan asa keberlanjutan pangan kita, asa pemenuhan kebutuhan pangan hidup bagi hidup manusia,” pungkasnya.