Search
Close this search box.
13 Juni 2024

Usung Semangat “All for One, One for All”, IKA Teknik Kimia ITN Malang Gelar Family Gathering

Reportasemalang
Ratusan alumni teknik kimia ITN Malang ikuti Family Gathering. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Pertama kalinya setelah puluhan tahun tidak bertemu, Ikatan Alumni (IKA) Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar Family Gathering. Mengusung tema “All for One, One for All”, acara ini juga sebagai ajang reuni bagi ratusan alumni Teknik Kimia ITN Malang angkatan 1981-2018.

Ketua panitia Gathering, Ir Agus Setiawan menjelaskan, temu kangen ini sengaja dibangun diatas kerinduan dan loyalitas, sehingga layak dinamakan Gethring akbar. Lewat upaya pertemuan ini, pihak penyelenggara berupaya menambah solid para alumni.

“Di luar ekspektasi, jumlah alumni yang mendaftar mengikuti Family Gathering ini mencapai 350 pendaftar,” ujarnya, Senin (26/12/2022) di hotel 101 Malang.

Reportasemalang
Ketua panitia Gathering bersama Kaprodi Teknik Kimia ITN Malang. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Pihak panitia juga berikhtiar lewat reuni ini untuk membangun Data Base alumnus yang Kualified, Kredible dan Kapable. Yakni dengan merangkul seluruh angkatan. Hingga nantinya terjalin ikatan moral serta ikatan emosional yang kuat untuk merangkai persaudaraan.

“Sesuai dengan motto acara kali ini, One for All, All for One,” ucapnya.

Dalam reuni kali ini nantinya juga ada 3 MoU yang akan dilakukan. Yakni MoU IKA Teknik Kimia ITN Malang sendiri, MoU bahwa alumni membesarkan jurusan teknik kimia dan MoU dengan ITN Malang.

“Sehingga 3 MoU ini yang membuat kita akan menjadi bola salju yang semakin akan membesar,” tuturnya.

Sementara itu, Kaprodi Teknik Kimia ITN Malang, Mohammad Istnaeny Hudha ST MT menyampaikan, kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan kenangan-kenangan dari teman-teman yang kuliah di ITN. Bagaimanapun juga sebagai alumni punya kewajiban moral untuk menjaga sustainable prodi teknik kimia dan mengembangkan bersama.

“Kita tidak bisa berdiri sendiri di Prodi. Kita disini bisa berdiri bersama sejajar bahwa antara alumni prodi teknik kimia itu saling membutuhkan satu sama lain,” ucapnya.

Istnaeny menargetkan 2025 prodi Teknik Kimia akan terakreditasi unggul. Sehingga sangat dibutuhkan peran dari para alumni.

“Bagaimana pun juga kita butuh sinergi dari semua angkatan. Semua kita gandeng menjadi satu wadah Ikatan Alumni Teknik Kimia ITN Malang,” tandasnya.

Lebih lanjut Ketua IKA ITN Malang, Nyoman Sugiartha Ariantara menilai, adanya reuni dari masing-masing prodi akan menjadi sebuah hal yang menarik. Apalagi jika nantinya bisa menggabungkan seluruh alumni yang tentunya bisa berkolaborasi dengan civitas akademi dan juga akan membantu para mahasiswa dalam pengembangan.

“Tujuan dengan melakukan alumni bukan hanya bersilaturahmi, tapi paling tidak juga bisa berbuat kepada masyarakat secara umum,” tuturnya.

Menurutnya dengan adanya kolaborasi dari seluruh prodi, ini tentu akan menjadi menarik dan ITN pasti akan membuat MoU dengan mereka.

“Itu tidak bisa dilepaskan dari peran alumni kepada sivitas akademi dan ini merupakan sebuah program yang bagus dan memang sudah menjadi wacana dari pemerintah kita kedepannya,” tandasnya.