Search
Close this search box.
11 Juli 2024

UNITRI Pastikan Biaya Kuliah Murah: Tak Terapkan UKT dan Berikan Beasiswa

Reportasemalang
Rektor UNITRI pastikan biaya kuliah di UNITRI murah. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Di tengah isu kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang semakin mahal. Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) justru memberikan beasiswa kepada mahasiswanya.

Retor UNITRI, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc. menyampaikan, hingga saat ini UNITRI belum menggunakan UKT. Tapi menggunakan berbagai macam komponen biaya pendidikan.

“Kami belum berani menggunakan UKT karena akan terlihat mahal. Sehingga kami masih menggunakan SPP, uang regristrasi, uang praktikum yang jumlahnya tidak banyak,” ujarnya saat Media Gathering di Abundacio cafe, Selasa (28/5/2024).

Menurut Prof Eko, biaya kuliah di UNITRI terbilang sangat murah dibandingkan PTS lainnya. Uang SPP hanya Rp 2,5 juta per semester. Belum lagi dengan sejumlah skema beasiswa yang Unitri berikan kepada mahasiswa.

“Karena itu kami tidak pernah berhenti untuk promosikan UNITRI. Mudah-mudahan kita bisa mencapai target sekitar 1.500 mahasiswa baru, sesuai dengan daya tampung kampus,” harapnya.

Reportasemalang
Direktur PMB UNITRI, Dr. Nawir Rasisi, ST.,MT. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Senada, Wakil Rektor III UNITRI, Dr. Erwin Ismu Wisnubroto, SP., M.Phil (Sc) mengatakan, walaupun biaya pendidikan di UNITRI relatif murah. Namun, Unitri tetap mempertahankan kualitas pendidikan.

“UNITRI tetap mempertahankan kualitas pendidikan walaupun biaya pendidikan kita relatif murah. Kita yakin bahwa kualitas pendidikan di UNITRI juga tidak kalah,” tuturnya.

Karena itu lanjut Erwin, pihaknya terus berusaha mempromosikan UNITRI. Salah satunya dengan mengadakan expo pendidikan.

“Yang kita pelajari antara bulan Desember sampai Januari banyak siswa SMA yang studi tour ke Malang. karena itu kita rencanakan di bulan-bulan itu kita juga akan mengadakan expo pendidikan,” ujarnya.

“Di tahun ini kami juga banyak melakukan kerjasama dengan SMK di Jawa Timur. Seperti SMK di Grati, Poncokusumo, Malang Selatan, Bojonegoro, Pacitan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNITRI, Dr. Nawir Rasisi, ST.,MT, menjelaskan, ada tiga skema beasiswa yang di berikan Unitri kepada mahasiswanya.

“Skema beasiswa ada yang bebas SPP 100 persen. Ada yang bebas SPP 50 persen. Dan ada yang bebas Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).

Nawir menyebutkan, hingga kemarin calon mahasiswa yang sudah mendaftar di UNITRI mencapai 835 dari 1.300 mahasiswa baru yang ditargetkan pimpinan. Dari 835 yang mendaftar itu, memang sekitar 560 itu berasal dari Indonesia bagian timur karena memang sudah punya banyak jejaring.

“Tapi kami ingin mengembangkan lagi Malang Raya dan Jawa Timur sekitarnya. Agar lebih banyak lagi mahasiswanya. Sekarang sudah hampir 15 persen. Ada sekitar 80an dari Jawa Timur yang mendaftar,” sebutnya.

Menurut Nawir, kampus Unitri punya keunikan tersendiri dibandingkan PTS yang lain. Sehinngga di Webometrics, Unitri berada di ranking ke-6 PTS di Malang pada tahun ini dan berada di posisi ke-26 PTS di Jawa Timur.

“Jadi monggo warga Malang Raya yang mungkin dari keluarga menengah ke bawah silahkan kuliah di UNITRI. Karena biaya kuliahnya murah tapi kualitas pendidikannya sangat baik,” pungkasnya.