Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Tanjung Penyu Mas, Destinasi Pantai Baru yang Makin Menarik Minat Wisatawan

Reportasemalang
Pengunjung asal RT 04 RW 02 Tembalangan Kota Malang menikmati kebersamaan di Pantai Tanjung Penyu Mas. (Foto: Ist)

Bagikan :

Reportasemalang – Terkenal akan julukan Kota Wisata, Malang Raya seakan tak ada habisnya menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dimulai kota wisata batu dengan sejuta pemandangan indahnya dan destinasinya yang sungguh memukau, kota Malang dengan kampus dan pendidikannya. Dan tentu kabupaten malang yang tak mau kalah dengan gunung dan pantainya yang memesona.

Memang benar istilah orang orang pendatang yang selalu berujar liburan ke Malang Raya itu bikin candu memang tidak salah karena selalu terupdate untuk setiap wisatanya.

Terbaru salah satu wisata terbarunya adalah Pantai Tanjung Penyu Mas atau Pantai Tanjung Penyu, Berada di bagian Malang Selatan, Pantai Tanjung Penyu Mas mempunyai alamat lengkap di Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Pantai Tanjung Penyu bukan hanya destinasi wisata biasa. Nama “Tanjung Penyu” sendiri memiliki makna yang mendalam. “Tanjung” merujuk pada daratan yang menjorok ke laut, sementara “penyu” merujuk pada penyu laut yang sering terlihat di pantai ini.

Reportasemalang
Pengunjung menikmati keindahan Pantai Tanjung Penyu Mas. (Foto: Ist)

Penyu laut menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat utama untuk bertelur. Hal ini memberikan pantai ini nilai ekologis yang signifikan, karena penyu laut merupakan spesies yang dilindungi dan penting untuk keseimbangan ekosistem laut.

Selain nilai ekologisnya, Pantai Tanjung Penyu juga memiliki nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat setempat. Berbagai ritual dan festival yang berkaitan dengan laut dan penyu sering diadakan di sini, menunjukkan hubungan yang erat antara penduduk dan alam sekitarnya. Tradisi ini tidak hanya memperkaya budaya lokal tetapi juga membantu dalam konservasi lingkungan.

Sehingga wisata ini kini juga menjadi primadona terbaru untuk tujuan wisata, tak salah bila kelompok Bapak-bapak Rukun Tetangga (RT) 04 Rukun Warga 02 tembalangan kota Malang minggu,(30/06/2024) mengadakan sebuah kegiatan refleksi kebersamaan sekaligus Refreshing menikmati pantai yang menjadi primadona baru di Malang Selatan ini.

Diketahui Pantai ini buka 24 jam. Mengenai biaya, tiket masuk Pantai Tanjung Penyu Malang pada tahun 2024 sekitar Rp 10.000.

Sementara itu, tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

Meskipun belum banyak diketahui wisatawan, pantai ini dapat digunakan untuk beragam aktivitas mulai dari berenang, melihat sunset, berkemah, piknik, dan masih banyak lagi.

Selama berkunjung ke sini, pengunjung tak perlu khawatir karena disediakan beberapa fasilitas mulai dari area parkir, toilet, warung makan, spot foto hingga gazebo.

Pantai Tanjung Penyu Mas terletak setelah Pantai Teluk Asmara dan Goa Cina.

Sehingga, saat pengunjung berkunjung ke sana, pengunjung akan melewati dua pantai tersebut.

Di pantai ini juga terdapat patung penyu yang bisa pengunjung jadikan objek foto untuk kenang-kenangan selama berkunjung di pantai yang indah ini.