Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Sediakan 300 Lowongan Kerja, UM Gelar Job Fair Gratis

Gelaran Job Fair UM. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Gelaran Job Fair UM. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar Job Fair gratis bagi para pencari kerja. Bertempat di Gedung Sasana Krida, kegiatan ini diikuti puluhan perusahaan dari berbagai bidang, Selasa (24/5/2023).

Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) UM, Prof Dr Suparno menyebutkan setidaknya ada sekitar 30 perusahaan yang ikut dalam Job Fair kali ini dari berbagai jenis. Yang menyediakan 300 lebih lowongan kerja.

“Mulai dari bidang keuangan, teknik, manufaktur, perbankan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sekda Kota Malang bersama Ketua IKA UM meninjau stan job fair. (Foto: Agus N /reportasemalang)
Sekda Kota Malang bersama Ketua IKA UM meninjau stan job fair. (Foto: Agus N /reportasemalang)

Disampaikan Prof Suparno, efektivitas dari Job Fair UM ini selalu saja daya tariknya sangat tinggi, berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun. Dan data serapnya juga nyata sehingga menjadi andalan bagi pelamar kerja.

“Itulah sebabnya penyelenggara ini disamping menyiapkan lowongan kerja, juga menyalurkan tenaga kerja. Jadi ada lembaga penyalur tenaga kerja di samping lembaga usaha yang mencari tenaga kerja,” tuturnya.

“Selama dua hari penyelenggaraan Job Fair ini kami menargetkan 5.000 pengunjung selama dua hari,” imbuhnya.

Sementara itu, gelaran Job Fair kali ini dibuka langsung Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso mewakili Walikota Malang.

Disampaikan Sekda, bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kegiatan Job Fair UM ini suatu hal yang sangat positif. Artinya UM bisa menyediakan informasi terkait dengan lapangan kerja bagi para lulusan yang telah menyelesaikan pendidikannya.

“Apalagi Malang merupakan Kota Pendidikan. Perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Malang itu banyak. Artinya sedemikianlah paling tidak minimal peluang kerja yang harus dihadirkan,” ungkapnya.

Menurutnya, peluang kerja seperti ini harus terinformasikan. Bagaimana antara pencari kerja dengan yang membutuhkan tenaga kerja ini ada satu media yang menjadi sarana untuk menghubungkan.

“Harapan kita ini juga bisa menjawab salah satu PR Kota Malang untuk menurunkan indeks Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Malang,” tuturnya.

“Pemkot berharap event seperti ini tidak hanya dilakukan UM. Tapi juga dilakukan lembaga lainnya sehingga bisa semakin sering diselenggarakan,” pungkasnya.