Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Ratusan Mahasiswa Inbound dari 36 Perguruan Tinggi Ikuti Program PMM di Unitri

Mahasiswa Inbound program PMM di Unitri. (Foto:Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Mengusung tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menyambut ratusan mahasiswa inbound yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke-3. Mereka berasal dari puluhan Perguruan Tinggi yang berada di luar pulau Jawa.

Koordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka Unitri, Mohon. Farid Nurul Anwar SPd Mpd menyampaikan, ada 101 mahasiswa inbound dari 36 Perguruan Tinggi yang mengikuti program PMM angkatan ke-3 di Unitri.

“Mereka semua berasal dari luar pulau Jawa. Terbanyak dari Jambi, Sumut, Aceh, Papua, Riau, dan dari beberapa daerah lainnya,” sebutnya di GOR Unitri, Jumat (29/9/2023).

Sedangkan Program Studi (Prodi) yang paling banyak diminati mahasiswa Inbound yaitu Prodi Teknologi Industri Pertanian (TIP), Administrasi (ADM), PGSD, Teknik Sipil (TSIP) dan Agribisnis (AGB).

“Yang paling banyak diminati Prodi TIP 20 orang, ADM 16 orang, PGSD 15 orang, TSIP 11 orang dan AGB 10 orang. Sisanya menyebar di sejumlah prodi,” ungkapnya.

Rektor Unitri menyematkan topi kepada perwakilan mahasiswa inbound PMM. (Foto:Agus N/reportasemalang)

Lebih lanjut dijelaskan Farid, tugas dari mahasiswa inbound ini nantinya adalah mengikuti perkuliahan seperti biasanya, ditambah dengan kegiatan modul nusantara. Yang akan mereka jalani selama satu semester.

“Untuk modul Nusantara, nantinya mereka akan kita ajak mengunjungi Suku Tengger, Candi-candi, tempat ibadah dan pantai tiga warna,” jelasnya.

Dari program PMM 3 ini, diharapkan mahasiswa inbound bisa lebih memiliki toleransi yang tinggi. Karena berdasarkan literatur, pendidikan yang tertinggi itu adalah Toleransi.

“Jadi dimanapun pendidikannya menjunjung toleransi itu sangat diperlukan. Apalagi di era sekarang,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unitri Pro Dr Ir Eko Handayanto MSc menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa inbound PMM 3. Yang selama beberapa bulan mendatang mereka akan mengikuti perkuliahan di Unitri.

“Semoga para mahasiswa inbound ini bisa segera beradaptasi dan menikmati perkuliahan di Kampus Ungu Unitri,” ucapnya.

Disampaikan Prof Eko, Unitri sebagai miniatur Indonesia yang penuh dengan budaya. Dimana mahasiswanya berasal dari seluruh Indonesia.

“Dengan keanekaragaman warna di Unitri, menunjukan Unitri sebagai miniatur Indonesia. Dan hari ini kita dilengkapi dengan kerberagaman lainnya dari mahasiswa Inbound PMM ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Unitri juga telah memberangkatkan 20 mahasiswa Outbound yang mengikuti program PMM angkatan ke-3 di sejumlah Perguruan Tinggi di luar Jawa.